5 Tips Kontrol Makan untuk Kamu yang Selalu Merasa Lapar

Oleh : admin
19 Januari 2018
346
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Merasa sering lapar? Padahal, nafsu makan tak selalu harus diikuti loh.

Berikut ini ada lima tips yang bisa Kamu cermati, jika Kamu kerap merasa lapar, agar tak telanjur membuat timbunan lemak di tubuh. 

  1. Pilih makananyang memuaskan rasa lapar

Rasa kenyang bisa juga dideskripsikan sebagai hilangnya nafsu makan atau rasa penuh yang dirasakan setelah makan.

Ini tak hanya bicara soal banyaknya makanan yang kita konsumsi, tapi juga apa yang kita makan.

Setiap makanan punya efek mengenyangkan yang berbeda. Sejumlah peneliti menemukan adanya indeks kekenyangan yang bisa Kamu temukan di beberapa makanan.

Jika Kamu konsumsi makanan tersebut, maka Kamu cenderung merasa cukup dan tak ingin makan lebih.

Setidaknya, ada enam jenis makanan, yaitu telur, kentang, oatmeal, kacang-kacangan, ikan, serta sup yang terdiri dari daging ayam dan sayuran.

  1. Makan lebih banyak protein

Penelitian menunjukkan, protein memberi banyak gizi makro, menghancurkan lemak, dan karbohidrat.

Protein juga meningkatkan metabolisme, lebih baik daripada gizi makro lainnya.

Jika Kamu masih lapar setelah makan, bisa jadi karena makanan yang kamu konsumsi terlalu tinggi kandungan karbohidratnya, dan tidak mengandung cukup banyak protein.

Beberapa makanan yang juga mengandung protein tinggi di antaranya keju, ikan, kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian.

Cobalah untuk selalu menyertakan salah satunya dalam setiap makan.

  1. Tidur lebih banyak

Kuantitas dan kualitas tidur memiliki peran penting dalam pengaturan hormon ghlerin atau yang juga dikenal dengan hormon lapar.

Ghlerin diproduksi oleh perut dan meningkatkan nafsu makan. Karena itu, semakin tinggi tingkat ghlerin, semakin tinggi nafsu makanmu.

Sejumlah penelitian menemukan fakta, kurang tidur sangat berkaitan dengan rasa lapar dan penambahan berat badan.

Sebab, jika durasi tidur kurang, tubuh akan semakin banyak memproduksi hormon lapar tersebut.

  1. Tingkatkan konsumsi serat

Serat memberikan dorongan dan meningkatkan rasa kenyang. Serat juga mampu menekan rasa lapar di perut serta memperlancar pencernaan.

Mengkonsumsi serat akan menekan rasa lapar tubuh terhadap gula dan memberikan energi.

Untuk menambah serat, konsumsilah makanan seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Hindari konsunsi olahan karbohidrat, seperti roti putih, nasi, pasta dan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan. Sebab, makanan-makanan ini sudah melepaskan kandungan seratnya.

  1. Ekstra sayur

Tidak hanya tinggi serat, sayuran juga merupakan makanan rendah kalori.

Dengan kata lain, makanan ini mengandung banyak air yang bisa membuatmu kenyang tanpa menambah jumlah kalori dalam makanan yang Kamu konsumsi.

Mulailah dengan jumlah kecil seperti salad atau sup sayuran. Setelah mengkonsumsinya, percayalah Kamu tak akan kelaparan lagi.

 

Penulis  : Nabilla Tashandra

Editor    : Glori K. Wadrianto

Sumber : Cosmopolitan

http://lifestyle.kompas.com


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account