Lebih Sehat dengan Cukup Minum Air

Oleh : admin
19 Februari 2018
434
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Menjaga kesehatan tubuh dan juga mental, tak terlepas dari tercukupinya kebutuhan cairan. Berapa banyak air minum yang harus kita konsumsi setiap hari memang berbeda-beda, tergantung pada usia, kondisi tubuh, dan juga tingkat aktivitas fisik.

Profesor Stavros Kavouras dari Universitas Arkansas yang mempelajari hidrasi mengungkapkan, air sangat penting bagi tubuh, tetapi sayangnya nutrisi tersebut sering terlupakan dalam sains. 

“Kita tidak memiliki alat presisi untuk mengukur seberapa banyak kita minum, jadi literatur seputar hidrasi kira-kira sama canggihnya dengan riset merokok di tahun 70an,” kata Kavouras.

Namun, ada beberapa fakta yang perlu diketahui soal air, misalnya sekitar 50- 60 persen komponen tubuh kita adalah air. Selain itu, air berfungsi melumasi persendian, dan menjaga tubuh tetap berjalan dengan mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, dan menghilangkan cairan kotor melalui keringat.

Agar kita semakin rajin minum air, ketahui apa saja manfaat cukup cairan yang mungkin belum diketahui:

  1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa dengan kegemukan yang meminum 473 ml air setiap sebelum makan kehilangan sekitar 4 kg selama 12 minggu.  Hal itu lantaran tambahan air membuat kita merasa kenyang dan akan mengurangi porsi makan.

  1. Tak mudah tersinggung

Kalau kita mengalami dehidrasi—bahkan sebanyak satu persen—sudah cukup berpengaruh pada mood, misalnya saja sakit kepala, kelelahan, mood yang buruk, dan fokus kabur, menurut sebuah studi tentang wanita muda yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition. 

  1. Melindungi ginjal 

Ginjal merupakan organ pertama yang paling merasakan dampak ketika tubuh kekurangan cairan. Penelitian—termasuk studi 2011 dari University of Australia—menemukan bahwa mereka yang minum lebih banyak air cenderung tidak memiliki penyakit ginjal kronis.

Lantas, berapa air putih yang harus diasup tubuh? Kavouras mengatakan setiap orang, setiap hari membutuhkan kecukupan cairan yang bervariasi.

“Jika kita berkeringat dan AC rusak, kemudian olahraga, maka kita membutuhkan lebih banyak air dibanding dengan kondisi sebaliknya,” ungkap Kavouas.

Usia, berat, dan iklim juga berperan soal asupan air putih dalam tubuh.

Kendati demikian, The Institute of Medicine memperkirakan bahwa pria dan wanita membutuhkan sekitar 3,7 dan 2,7 liter air setiap hari, yang mencakup semua air yang didapatkan dari makanan dan minuman lainnya. Kebanyakan orang mendapatkan sekitar 20-25% asupan air mereka melalui makanan. 

Masih bingung? Lihat warna urin. Jika warnanya keruh, sudah pasti tubuh kita kekurangan air.

 

Penulis   : Kahfi Dirga Cahya

Editor     : Lusia Kus Anna

Sumber  : MensFitness

http://lifestyle.kompas.com


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account