PUPUK MINAT BACA , SISWA SD SANTO FRANSISKUS KUNJUNGI PERPUSTAKAAN DAERAH

Oleh : admin
12 Maret 2018
643
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SRAGEN – Ratusan Siswa berseragam putih-biru kotak kotak, memenuhi ruangan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen Pagi ini ( Senin, 12/3 ). Mereka tampak asyik dengan buku di tangan masing-masing. Ada juga yang lalu lalang menuju jajaran rak buku dan mencari-cari buku bacaan favorit mereka. Tampak beberapa guru pendamping memberikan arahan, bagi siswa yang membutuhkan bantuan.

Yakobus Rahayu, salah seorang guru pendamping yang ditemui di lokasi mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda mengisi masa jeda setelah siswa menjalani  Penilaian Tengah Semester minggu lalu. Sebanyak 250 orang siswa dari kelas I, II dan IV mengunjungi Perpustakaan Daerah. Sementara sebagian siswa lainya mengunjungi Pasar Bunder untuk melihat langsung proses kegiatan ekonomi di pasar terbesar di Sragen tersebut.

Terpisah, Kepala Sekolah SD Santo Fransiskus Sragen Suster M Verena , SFS menyampaikan, latar belakang kunjungan siswa ini adalah penyegaran, dimana siswa dapat belajar di luar lingkungan sekolah. Dengan mengunjungi Perpustakaan Daerah siswa menjadi tahu manfaat perpustakaan untuk mencari sumber pengetahuan, ilmu, refleksi, sejarah dan boigrafi tokoh terkenal.  Pada gilirannya, kata Sr M Verena,  besarnya minat baca para siswa akan memperluas wawasan mereka.  Sr. Verena berharap kegiatan ini kelak menjadi embrio lahirnya penulis-penulis cilik dari sekolah. “ Kami sangat mendukung, apabila Perpustakaan Daerah mengadakan lomba menulis cerita pendek untuk siswa SD, SMP, SMA/SMK dalam rangka Hardiknas nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Drs.Parsono,MM melalui Kabid Perpustakaan Heny Setyowati mengatakan,  pihaknya sudah berkoordinasii dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen, untuk menggerakkan siswa mengunjungi Perpustakaan Daerah. Hal ini untuk mendukung program yang dicanangkan Bupati dua tahun lalu, yaitu Sragen sebagai Kabupaten Literasi.  Ada lebih dari 50.000 koleksi judul buku di Perpustakaan ini. Berbagai kategori seperti  tekhnologi  terapan, kesusastraan, budaya, agama, dan lain sebagainya siap menyambut para pengunjung , yang rata rata mencapai 200 orang setiap harinya. Heny menambahkan, layanan Perpustakaan Daerah  buka setiap hari termasuk hari Minggu. Peminjaman buku untuk anggota perpustakaan dilayani dengan gratis. Heny berharap, kedepan, untuk anak anak sekolah dan masyarakat umum, menyukai untuk berkunjung ke perpustakaan. Karena perpustakaan adalah gudang ilmu dan wawasan . – diskominfo


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account