MENJAGA KEBUGARAN SAAT BEKERJA, ASN SRAGEN MELUANGKAN WAKTU 10-15 MENIT UNTUK SENAM

Oleh : humas
17 Maret 2018
457
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Sragen - Dalam rangka membangun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sehat, bugar, dan produktif, pemerintah Kabupaten Sragen melalui Asisten III Ir Simon Nugroho bersama Dinas Kesehatan    dr. Hargiyanto mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Senam Peregangan pada setiap OPD. Acara yang digelar di Ruang Sukowati Setda itu dihadiri seluruh perwakilan OPD di Sragen, Jum’at (16/3/2018)

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut arahan dan kebijakan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang juga seorang dokter, sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan.

Sebelum membuka acara tersebut, Simon menjelaskan “Setiap pukul 10.00 dan pukul 14.00 ASN bisa melaksanakan peregangan di tempat kerja masing-masing, agar pimpinan dan staf tidak terjebak rutinitas, karena asyiknya dengan pekerjaan, luangkan waktu 10-15 menit untuk senam peregangan”.

“Saya harapkan para T0T ( Training of Trainer) atau perwakilan OPD yang hadir kali ini, bisa menyampaikan ke masing-masing OPD secara baik, dan bahwa senam peregangan harus dijalankan secara rutin, dengan tujuan kita sehat jasmani dan rohani muara akhirnya bisa bekerja secara optimal”,  jelas Simon.

Pada kesempatan itu, dr Hargiyanto menyampaikan pelatihan peregangan atau aktifitaas fisik ini salah satu program dari Germas (gerakan masyarakat hidup sehat), “Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur; dan memeriksakan kesehatan secara rutin”.

Selanjutnya dr Agus Sudarmanto dari Dinas Kesehatan mempraktekkan dan memberikan contoh peregangan melalui video, dan ditirukan langsung oleh seluruh peserta yang hadir, Ada 3 peregangan yang bisa dilakukan di tempat kerja, pertama peregangan dengan posisi duduk, kedua peregangan posisi berdiri, dan yang ketiga refreshing dengan senam ringan diirigi lagu.

Senam peregangan di tempat kerja bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal, meningkatkan kebugaran jasmani, meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja, mengurangi stress akibat kerja dan stress di lingkungan kerja, membudayakan latihan fisik dan olahraga sebagai gaya hidup sehari-hari khusunya bagi ASN. (Humas)


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account