Mari, Atasi Rasa Bosan yang Mendera di Jam Kerja...

Oleh : admin
04 April 2018
184
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

KOMPAS.com - Saat berada di tengah-tengah jam kerja, rasa bosan memang kerap hadir dan mengganggu rutinitas. Demi mengatasi kebosanan ini, kita cenderung melakukan hal-hal tak berguna seperti mengecek media sosial atau membuat secangkir kopi. Namun, hal ini malah merusak fokus kita untuk bekerja. Mengutip dari laman The Independent, disebutkan, ketika 'gangguan' datang di sela-sela jam kerja, ini akan berefek pada penurunan produktivitas. Kondisi ini pun mempengaruhi kemampuan menyelesaikan berbagai pekerjaan yang menantang, atau membutuhkan fokus mendalam. Cal Newport, seorang ilmuwan komputer di Georgetown University mengatakan, cara untuk menjadi lebih produktif adalah dengan memanfaatkan kebosanan.

“Banyak cara serupa dilakukan para atlet yang harus menjaga tubuh mereka di luar sesi latihan." "Kalian akan berjuang untuk mencapai tingkat konsentrasi yang paling dalam, jika menghabiskan sisa waktu untuk melarikan diri dari kebosanan,” paparnya.

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi kondisi semacam ini? Newport menyarankan agar kita membuat jadwal istirahat ketika gangguan ini tiba. Ini akan memungkinkan otak untuk sangat fokus pada pekerjaan. Lalu, pada gilirannya, menghasilkan produktivitas yang lebih baik dalam jangka panjang. Demikian pula, menetapkan jangka waktu tertentu untuk menyelesaikan tugas akan mengurangi gangguan. Penetapan jangka waktu juga membantu kita mendapatkan hasil maksimal saat menyelesaikan tugas yang sangat menantang atau membutuhkan fokus mendalam. Sementara itu, agar kita bisa terlepas dari kecanduan media sosial - terutama saat kebosanan tiba - Newport menyarankan agar kita mencoba selama 30 hari utnuk melakukan 'puasa' dari media sosial.

Menurut dia, ini adalah cara terbaik untuk menilai kembali ketergantungan kita pada media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Glori K. Wadrianto

Sumber : The Independent

https://lifestyle.kompas.com




 


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account