SUSU KAMBING DARI DESA PURWOREJO, GEMOLONG

Oleh : kominfo
16 April 2018
375
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

GEMOLONG - Susu kambing telah lama dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan . Berdasarkan penelitian, susu kambing ettawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Diantaranya, fosfor, kalsium, sodium dan flourin. Oleh karena itulah, susu kambing etawa diklaim memiliki manfaat yang hampir setara dengan ASI. Kabupaten Sragen memiliki beberapa peternak penghasil susu kambing. Salah satunya, berada di Desa Purworejo Kecamatan Gemolong.

Adalah Ika Sri Martini (37) , yang satu setengah tahun belakangan ini melirik bisnis susu kambing ettawa. Di peternakan tak jauh dari rumah tinggalnya, ada puluhan kambing penghasil susu dan daging yang ia kembangkan di bawah bimbingan Ketua Kelompok Tani Ngudi Rahayu  Faqih Hanafi  (42).

Dalam sehari, produksi susu kambing di tempatnya mencapai 5-13 liter sehari. Jumlah ini bervariasi sesuai angka kelahiran. “ Produksi susu sedikit ini dikarenakan kambing betina sedang banyak yang bunting, “ kata Ika. Sedangkan jika sudah tiba masa melahirkan, produksi susu bisa meningkat tajam.

Menurut istri Budi Harjono ini, pihaknya cukup kewalahan memenuhi permintaan pasar. Dia membidik pasar peminat susu kambing murni, yang tidak melalui pengolahan maupun pasteurisasi. “ Kualitas susu kambing terbaik adalah yang murni, yang langsung diperah dan disaring , lalu disimpan di dalam freezer,” kata Ika. Meskipun telah memiliki mesin pasteurisasi, Ika mengaku belum menggunakannya, karena sementara ini stok hanya cukup untuk memenuhi permintaan susu murni.

“ Saya juga memproduksi kefir, “ imbuh ibu berputra tiga ini. Kefir adalah susu kambing yang telah difermentasi selama tiga hari. Peminat Kefir ini biasanya para penderita penyakit diabetes. Konon, konsumsi kefir dapat menyeimbangkan fungsi insulin.

Sementara itu, Kepala Kelompok Tani Ngudi Rahayu Fakih Hanafi mengatakan, susu kambing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Antara lain ;

Pertama, memiliki sifat anti-inflamasi alami. Susu kambing etawa dihomogenisasi secara alami.
Gelembung-gelembung lemak yang terdapat pada susu kambing etawa ini dapat memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. hal ini bermanfaat untuk mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh. bagi orang yang menderita masalah usus atau gangguan pencernaan yang disebabkan oleh inflamasi, susu kambing etawa dapat mendorong pengembangan sistem pencernaan yang lebih baik, kata Fakih.

Kedua, susu kambing mengandung asam esensial. Susu kambing etawa mengandung sekitar 35% asam lemak lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu sapi yang henya memiliki 17%. Di samping itu, susu kambing etawa lebih terasa khasiatnya jika diminum dalam keadaan masih mentah, bahkan bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Susu kambing etawa juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Asam lemak antimikroba seperti kaprilat dan asam kaprat ditemukan dalam susu kambing etawa juga berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Susu kambing juga tidak menyebabkan alergi. Bertindak sebagai agen metabolisme. Penelitian dan studi yang dilakukan pada susu kambing etawa menyimpulkan bahwa susu kambing etawa berhubungan erat peningkatan kemampuan untuk menyerap zat besi dan tembaga, terutama pada orang yang memiliki sistem pencernaan yang terganggu.

Manfaat susu kambing lainnya

  1. Susu kambing bermanfaat membantu mengobati alergi pada kulit dan organ tubuh lainnya. Lactoglobulin, berfungsi untuk penahan protein yang disebabkan alergi.
  2. Susu kambing berkhasiat stamina dan daya tahan tubuh bagi yang kekurangan darah (anemia) dan wanita yang sedang haid, cynokobalamin sebagai pembentuk zat HB bagi penderita talasemia, demam berdarah, dan anemia.
  3. Berkhasiat untuk penderita kelainan fungsi ginjal atau dalam dunia medis disebut dengan Nephbrotic Syndrom.
  4. Manfaat susu kaming lainnya sebagai obat terapi penyembuhan asam urat
  5. Membantu untuk memberikan asupan nutrisi dan gangguan metabolisme tubuh lainnya.
  6. Membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung yang berlebihan, mengandung mineral alkaline yang berfungsi untuk penyembuhan maag kronis;.
  7. Mengatasi masalah impotensi/ frigiditas serta meningkatkan vitalitas pria dan wanita dewasa. sehingga tetap semangat dan tidak mudah capek.
  8. Membantu mengurangi keluhan yang diakibatkan sakit kanker. Enzim xanthine oxydase dan niasin (vitamin B3) yang berfungsi mengatasi sel kanker atau tumor dan juga bisa mengurangi efek toksin kemoterapi.
  9. Memperbaiki kondisi jaringan lemak sehingga dapat menghaluskan kulit.
  10. Mengandung Zincum (Zn) yang berfungsi membentuk sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.
  11. Medium Chain Trygliseride (MCT) yang berguna bagi program diet dan penyembuhan akibat stroke.
  12. Kalium, berfungsi menstabilkan dan menormalkan tekanan darah, sehingga sangat tepat untuk penderita arteriosclerosis, penderita tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.
  13. Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensia, berfungsi untuk membantu kerja pancreas sebagai penghasil dan pembentuk insulin yang berguna bagi penderita diabetes / kencing manis.
  14. Riboflavin (Vit B2) dan (B3) yang berfungsi menumbuh kembangkan sel otak dan sel system saraf sehingga baik bagi kecerdasan anak dan menurunkan frekuensi serangan migrain.

 

 Keunggulan susu kambing etawa dibanding susu lainnya

  1. Mempunyai sifat antiseptik alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya Fluorin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.
  2. Bersifat basa (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.
  3. Proteinnya lembut, efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare.
  4. Lemaknya mudah dicerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainnya. Dan juga bersifat homogen alami. Hal ini mempermudah untuk dicerna sehingga menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi. Susu kambing etawa dapat dicerna oleh manusia 20 menit lebih cepat dari pada susu lainnya.

 Terpisah, Kepala Desa Purworejo Kecamatan Gemolong Ngadiyanto mengatakan, selain susu kambing, di wilayahnya banyak terdapat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ada yang individu , ada juga yang kelompok. Diantaranya, Krupuk Brabasan, tim ayam, dan industri tempe. “ Bahkan, salah satu hasil olahan pangan Kelompok Wanita Tani kami, yaitu Sirup Belimbing Wuluh, mendapatkan juara I di tingkat Kabupaten Sragen,” imbuh Kepala Desa yang lebih akrab disapa Pak Dipo ini.

Ngadiyanto berharap, Dinas terkait memberikan bimbingan dan bantuan permodalan kepada industri kerakyatan di wilayah Desa Purworejo, agar mereka dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi. _diskominfo

 

 


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account