Kolam Renang Doeng Cuo : 'RENANG DI SINI GRATIS. MASUKNYA SAJA YANG BAYAR'

Oleh : kominfo
04 Juni 2018
189
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

KARANGMALANG - Kedung Cuo. Nama ini awalnya tak banyak dikenal oleh masyarakat kebanyakan. Kedung berarti sekumpulan air, dan cuo berarti mangkok dari tembikar. Kedung Cuo adalah nama sebuah dukuh di Desa Puro Kecamatan Karangmalang, yang lalu diganti namanya menjadi Dukuh Sidodadi. Kini, masyarakat Karangmalang dan sekitarnya mengenal nama Doeng Cuo sebagai salah satu kolam renang cukup bergengsi di Bumi Sukowati.

Terletak di jalur jalan provinsi yang mengarah ke jurusan Tawangmangu, kolam renang Doeng Cuo terbilang cukup besar. Dibangun di atas lahan seluas 4000m2 , destinasi wisata andalan Kabupaten Sragen ini memiliki empat wahana. Mulai dari kolam renang berukuran standart untuk menyelenggarakan perlombaan tingkat daerah, dua kolam untuk anak-anak, dan kolam dengan wahana waterboom mini.

Memasuki kawasan Doeng Cuo, pertama kali  mata pengunjung akan dimanjakan dengan kebersihan dan kejernihan airnya. Air yang selalu terjaga bening dan jernih, rupanya menjadi salah satu standart yang berlaku di objek wisata milik Supardi (61) ini. Bukan tanpa alasan. Supardi memiliki concern  yang sangat tinggi terhadap kualitas air di kolam renangnya.

 “ Air adalah faktor utama. Untuk menjaga kualitas pelayanan bagi setiap pengunjung di sini, kami tak segan mengeluarkan biaya operasional yang cukup tinggi hanya untuk merawat air“ kata Supardi. Meski diakuinya, harga tiket masuk yang berkisar antara Rp.5.000 - Rp7.000 per orang adakalanya membuat pihaknya harus tetap bertahan dengan selisih laba yang tak terbilang banyak. “ Terutama kalau bulan puasa seperti ini, mbak,” tambahnya. Hal ini dikarenakan, untuk menjaga kualitas air kolam renang, baik air yang digunakan saat pengunjung banyak, maupun air yang tidak banyak digunakan ketika musim pengunjung sedikit, effort - nya sama. Sementara jumlah pengunjung di bulan puasa sepeti ini relatif menurun. “ Di sini air kolam kami ganti dua hari sekali,” ungkap lelaki yang tinggal di Dukuh  Karas RT 09 Puro Karangmalang Sragen ini . Kebersihan air dan lingkungan memang menjadi detail yang harus mengikuti standart prima ala Supardi.

Ditemui di lokasi kolam renang , Senin  (04/06), purnawirawan bankir ini berbagi cerita. Pembangunan kolam renang dimulai pada tahun 2011 lalu. Saat itu, pembangunan dilaksanakan secara bertahap. Mulai dari kolam standart pertandingan yang selesai pada tanggal 11 agustus 2012, dan berangsur mulai dibuka untuk umum mulai Desember 2012.

“ Saya ingin mengisi waktu purna saya agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas, “ kata bapak dua anak ini.  Maka dari itu, sejak awal Supardi tidak main-main mewujudkan sebuah kolam renang yang memiliki standart untuk pertandingan. Tak hanya ukurannya saja, namun juga kualitas airnya.

Di akhir minggu dan hari libur, pengunjung Doeng Cuo bisa mencapai 1.000 hingga 1,500 orang. Untuk melayani pengunjung sebanyak itu, suami dari Suparwi ini dibantu setidaknya 14 orang yang merupakan kerabat Supardi sendiri. Untuk penjaga dan pengawas keselamatan pengunjung , Supardi menugaskan tiga orang kepercayaannya untuk selalu siap sepanjang waktu operasional di sekitar kolam.

Ketika ditanya suka dukanya, lelaki yang gemar melakukan terapi air putih ini mengatakan, lebih banyak sukanya.  Setiap hari melihar orang dari berbagai rentang usia melewatkan waktu menyenangkan mereka di dalam air yang bersih dan jernih, adalah kebahagiaan tersendiri bagi Supardi.  “ Berenang di sini itu gratis , mbak, masuknya saja yang bayar,” seloroh Supardi diiring tawanya.

Lelaki yang selalu tampil khas dengan caping andalan ini berharap, kolam renang miliknya dapat memberi andil dalam pembangunan Sragen, khususnya di bidang olahraga. Banyak atlit renang yang lahir dari tempat ini. Mereka telah menjadi duta Sragen berlaga di tingkat daerah maupun nasional. “Saya harap ini bisa menjadi andil kami, di bidang yang dapat kami lakukan," pungkasnya. _diskominfo


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account