USAHA RUMAHAN KERIPIK PISANG SUMBERLAWANG

Oleh : admin
04 Juli 2018
85
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Sragen - Anda pengemar makanan camilan ? Cobalah keripik pisang dari  Kecamatan Sumberlawang. Renyah gurihnya pasti membuat lidah ketagihan. Di Sumberlawang banyak warga yg menggeluti  industri rumahan sebagai pembuat keripik pisang. Usaha rumahan yang digeluti oleh warga tersebut, ternyata mampu membuat nadi ekonomi di daerah itu berdenyut. Warga mengerjakannya secara padat karya di rumah. Pemasarannya meluas hingga ke luar daerah.

        Awalnya, warga tidak pernah menyangka jika camilan yang dibuat untuk konsumsi sendiri ternyata laku keras di pasaran. Satu per satu pembuat keripik pisang bermunculan, bahkan kini sudah dikoordinir oleh PKK dan pemerintah daerah khususnya bagian PP dengan melibatkan puluhan ibu rumah tangga.

        Tadinya cuma buat camilan sendiri, karena memang banyak pisang di daerah sini. Tapi teryata banyak orang luar yang bilang enak, jadi sekarang diproduksi masal untuk dijual, dan kebetulan mendapat pelatihan dari pemerintah daerah.

        Di Daerah Sumberlawang mudah sekali untuk mendapatkan bahan baku produksi. Pisang tumbuh subur. Bahkan bisa dibilang, hampir setiap pekarangan ada pohon pisangi. Bahan bakunya mudah sekali didapatkan dengan harga yang sangat murah, jadi tidak perlu repot bagi pembuat keripik.

         Keripik pisang Sumberlawang memang berbeda dari keripik pisang lainnya. Rasanya lebih renyah dan gurih. Keripik dijual dengan beragam ukuran, mulai bungkusan kecil-kecil, hingga ukuran besar, tergantung permintaan. Biasanya, para pedagang datang membeli dalam porsi besar dan dibungkus dalam ukuran bervariasi untuk dipasarkan di toko-toko dan supermarket. Untuk rasa juga beragam, mulai dari yang manis, asin dan manis asin.        Potensi ini membuat Pemda Kabupaten Sragen turun tangan untuk membesarkan potensi UKM di Kecamatan sumberlawang tersebut. Pemda berupaya juga melakukan pelatihan dan penyuluhan khususnya PKK Kecamatan dan Bagian Pemberdayaan Perempuan yang bekerjasama juga dengan pihak akademisi dari UNS.

        Alat penggoreng yang dijadikan alat produksi berukuran cukup besar. Untuk sekali goreng mesin ini mampu menampung sekitar tujuh kilo keripik pisang basah. Diperlukan waktu kira-kira satu jam enam belas menit untuk menghasilkan keripik yang matang. Pengapiannya menggunakan gas yang diatur sesuai kebutuhan.

        Tentu saja ada ramuan bumbu yang membuat keripik pisang ini lebih istimewa. Masing-masing pembuat keripik pastinya punya rahasia ramuan sendiri-sendiri. Anda berminat? Selamat Menikmati keripik pisang dari Sumberlawang.

 


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account