KESEPAKATAN KERJASAMA KARISMAPAWIROGO

Oleh : humas
03 Agustus 2018
143
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SRAGEN - 7 Kabupaten yang tergabung dalam KARISMAPAWIROGO yaitu Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Magetan, Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo melakukan Penandatanganan Kesepakatan Perjanjian Kerjasama di Bidang Kesejahteraan Sosial dan Bidang Penegakan Perda serta Penanganan Gangguan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Wilayah Perbatasan, Kamis (03/08).

Acara yang berlangsung di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama antar daerah, tujuannya untuk mensinergikan penyelenggaraan pemerintahan, program-program pembangunan dan pelayanan masyarakat dalam upaya memberikan manfaat bagi kesejahteraan rakyat serta memelihara persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E., Wakil Bupati Wonogiri Edy Santoso, Sekda Kab. Sragen Drs. Tatag Prabawanto,M.M., Sekda Pacitan Drs. Sukowiyono,M.M., Sekda Ngawi Drs. Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Staf Ahli Magetan, Ass. I Karanganyar, Kabag Pemerintahan Ponorogo, Kepala Dinas Sosial Sragen Drs. Supriyatna dan Kepala Satpol PP Sragen Tasripin,S.H.,M.H., dan jajaran Kepala OPD-Kabag Setda Sragen.

Ketua Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Karismapawirogo sekaligus Sekda Kab. Pacitan Drs. Sukowiyono,M.M., dalam sambutannya menyampaikan adanya penandatanganan kesepakatan tersebut dapat memecahkan masalah di bidang sosial dan Keamanan ketertiban dapat secara bersama.

“Bidang sosial, masalah gelandangan dan pengemis (Gepeng) maupun orang gila yang terkadang penyelesaiannya tidak manusiawi. Sehingga, melalui kerjasama tersebut bisa di sikapi dengan arif dan bijaksana, tidak dengan tindakan semena-mena,” jelas Sukowiyono.

Sedangkan masalah di bidang keamanan dan ketertiban, misalnya kegiatan pemadaman kebakaran, “Jika terjadi kebakaran pada salah satu wilayah, bisa diatasi secara cepat, karena di dukung oleh armada dengan jumlah yang banyak.”

Sementara itu, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno,S.E., mengungkapkan dengan adanya pertemuan tersebut dapat menguatkan kembali persahabatan dan kerjasama antar daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui penandatanganan MoU se-Karismapawirogo.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama daerah di wilayah perbatasan. Diharapkan, dengan adanya kerjasama ini dapat memperkuat karakter wilayah dalam rangka menaikkan jenjang dari yang dipandang menengah menjadi di pandang atas.”terang Wakil Bupati Sragen.

“Tidak hanya dipandang pada sisi geografi dan demografi, namun juga dipandang oleh bangsa-bangsa lain sebagai bangsa besar, melalui sisi ekonomi, sosial maupun budaya.”tutupnya.

Saat diwawancarai, Kepala Dinas Sosial Sragen Drs. Supriyatna menyampaikan “Jika ada permasalahan disatu tempat misalnya ada gepeng dari salah satu daerah karismapawirogo yang datang ke Sragen, kami langsung akan koordinasi dengan pihak / dinas terkait dari daerah asal gepeng itu dan “diopeni” (dijaga) kemudian diantarkan ke daerah asalnya.” (HUMAS)


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account