210 NARAPIDANA SRAGEN PEROLEH REMISI HUT RI KE-73

Oleh : humas
17 Agustus 2018
222
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SRAGEN - Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjadi Inspektur Upacara dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI, selain itu juga secara simbolis Bupati menyerahkan Surat Keputusan Remis tahun 2018 kepada empat warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sragen, Jumat pagi (17/08/2018).

Tercatat sebanyak 210 orang mendapatkan remisi dengan rincian, remisi pidana umum 206 orang, remisi pidana khusus tipikor 1 orang, sedangkan yang langsung bebas sebanyak 3 orang.

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan jika pada tahun ini Bapak Presiden memberikan remisi kepada 102.976 orang Narapidana, dengan perincian Narapidana yang mendapatkan pengurangan hukuman sebagian sebanyak 100.776 orang , dan Narapidana yang langsung bebas karena mendapatkan remisi sebanyak 2.200 orang.

Yasonna H. Laoly menambahkan bahwa remisi atau pengurangan masa menjalani pidana merupakan hak warga binaan. Melalui remisi tersebut, dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam masyarakat. Percepatan tersebut, diharapkan dapat memperbaiki kualitas hubungan narapidana dengan keluarganya. Dengan kembali dalam masyarakat, mereka akan dapat melanjutkan kehidupan normal dan mampu mengemban tanggung jawab sebagai anak, orangtua maupun anggota masyarakat. Sehingga akan tercapai tujuan dalam sistem pemasyarakatan.

Pemberian remisi tersebut merupakan kewajiban negara dalam memenuhi hak-hak narapidana yang diatur dalam Undang-Undang. Salah satunya UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. (HUMAS)


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account