SMP NEGERI 1 SRAGEN, SEKOLAH PELOPOR ASTALISA

Oleh : admin
05 September 2018
252
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

       SRAGEN - SMP Negeri 1 Sragen, merupakan sekolah negeri pertama di Kabupaten Sragen dengan Predikat Sekolah Rujukan dan dengan akreditasi A, terletak di pusat Jalan Raya Sukowati No 162, Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Sama seperti SMP pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMP Negeri 1 Sragen ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai kelas VII sampai dengan kelas IX.

       SMP Negeri 1 Sragen berdiri pada tanggal 22 September 1946, pada awalnya menempati Ex Europose Langer School yang sekarang ditempati SMP N 2 Sragen. Mulai tahun 1950, gedung SMP Negeri 1 Sragen berada di lokasi yang sekarang ini. SMP Negeri 1 Sragen telah mengalami banyak kemajuan baik dari kualitas maupun kuantitas. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, berbagai prestasi yang membanggakan baik akademik maupun non akademik berhasil diraih.

       Karena keberhasilan meraih Indeks Integritas Ujian Nasional  (IIUN) tertinggi di Indonesia tahun 2016, SMP Negeri 1 Sragen ditunjuk sebagai Pilot Project dalam penguatan pendidikan karakter (PPK). Selain itu, SMP Negeri 1 Sragen juga ditetapkan sebagai sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2016 dan telah mencanangkan program ASTALISA (Aku Sayang Tanaman, Lihat Sampah Ambil) yaitu program untuk menumbuhkan karakter siswa menyayangi tanaman dan kebersihan lingkungan karena setiap siswa melihat sampah langsung diambil. “Dengan demikian akan tercipta lingkungan sekolah yang bersih, indah dan nyaman sehingga akan mendukung dalam proses pembelajaran”, ujar Wiyono Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sragen.

       Siswa selalu dibiasakan memungut sampah yang ditemui di lingkungan sekolah untuk dibuang di tempat sampah yang sudah di pilah-pilah. Program yang telah dicanangkan sekolah sejak Juli 2017 ini terbukti telah mampu membawa perubahan besar di sekolah ini. Dan siswa juga diminta membawa satu tanaman dan bertanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut, mulai dari menyirami, menjaga kebersihan tempatnya, ujarnya.

       Tujuan dari program ASTALISA ini adalah agar kita semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan ikut terlibat dalam menjaga lingkungan sekitar. Apabila ASTALISA dilakukan oleh setiap masyarakat Indonesia, akan mengurangi permasalahan sampah di Indonesia. Ini berarti kita turun tangan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Mari biasakan program ini mulai dari diri sendiri, lalu ke keluarga kita, baru disosialisasi ke masyarakat disekitar kita.


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account