SMP NEGERI 2 SRAGEN, MEMBENTUK KARAKTER SISWA DENGAN SENI KARAWITAN

Oleh : admin
19 September 2018
180
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

       SRAGEN - SMP Negeri 2 Sragen merupakan salah satu sekolah yang terletak di jantung kota Sragen. Segudang prestasi akademik dan non akademik pun dapat diraihnya. Bukan hal yang mudah dan cepat kita meraih itu semua. Kekompakan warga sekolah yang peduli akan lingkungan dan pembelajaran yang terkait dengan lingkungan pun kita meraih penghargaan  Adiwiyata Mandiri di penghujung tahun 2017. Selain itu, pada tahun pelajaran 2017/2018 kemarin, perdana sebagai sekolah penyelenggara UNBK Mandiri, juga meraih predikat sekolah Peraih Nilai Terbaik di Kabupaten Sragen, dengan nilai 380.5. Segala bentuk prestasi maupun penghargaan yang kita peroleh tidak menjadikan kita puas sampai disini, semua yang kita raih sampai saat ini selalu menjadikan kita semangat dan terus melakukan perubahan yang baik agar senantiasa tercipta prestasi yang lain.

       Keunggulan lain yang kira raih adalah prestasi di bidang seni karawitan. Meskipun tinggal di pinggir kota, tapi tidak pernah menghilangkan rasa cinta dan ketertarikan kami pada seni tradisonal. Sekitar 25 siswa yang tergabung dalam grup seni karawitan. Banyak hal yang mereka dapatkan dalam berlatih dan tergabung dalam grup seni ini, karena dalam era globlalisasi seperti sekarang ini tidak hanya dibutuhkan siswa intelektual yang menguasai teknologi, namun juga dibutuhkan siswa memiliki emosional tinggi (ESQ) nilai karakter. Dengan karawitan, akan membentuk siswa memiliki peradaban budaya yang tinggi, memiliki karakter disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab. Disamping itu, siswa juga terlatih menahan emosi dan saling bekerja sama dalam tim.

       Demi mencapai keselarasan dan keindahan suara yang dihasilkan dalam bermain seni karawitan, tiap siswa (pengrawit) memainkan alat musik dimana tiap alat musik memegangnya masing-masing, untuk itulah kekompakan, disiplin, dan tanggung jawab sangat mendukung keharmonisan suatu tim.


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account