BUPATI SRAGEN PIMPIN UPACARA HARI GURU NASIONAL DAN HUT KORPRI

Oleh : humas
29 November 2018
86
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SRAGEN - Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati memimpin upacara bendera dalam rangka Hari Guru Nasional ke – 73 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke - 47 Senin (29/11/2018) di Halaman Setda Kantor Dinas Bupati Sragen. Upacara diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), pejabat OPD, Anggota KORPRI, TNI  - POLRI, mahasiswa dan pelajar di Kab. Sragen.

Bupati dalam amanatnya membacakan sambutan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, Tema Hari Guru Nasional tahun 2018 adalah “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI”. Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XII semakin berat. Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Saat ini kurang bijak rasanya jika kita hanya menyalahkan dahsyatnya perkembangan teknologi informasi. Kita harus mampu mengarahkannya menjadi potensi positif alih-alih terkena dampak negatifnya. Terlebih pada tahun 2019 yang akan datang, penetrasi revolusi industri keempat tersebut akan masuk semakin dalam ke berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan.

Oleh sebab itu, peningkatan profesionalisme guru menjadi penting karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan abad XII yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik.

Selanjutnya, terkait peringatan HUT KORPRI ke – 47 Bupati juga membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo menyampaikan sejak didirikan pada tanggal 29 November 1971, KORPRI telah menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan Negara sebagai organisasi yang mewadahi para Pegawai Negeri Sipil.

KORPRI telah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan melayani keperluan masyarakat dalam berbagai bidang.

Dengan telah terbitnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Organisasi KORPRI akan bertransformasi menjadi Korps Pegawai Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (Korps ASN RI) dengan tujuan menjaga kode etik profesi dan standar pelayan profesi Aparatur Sipil Negara serta mewujudkan Jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa.

Dipesankan juga, kepada jajaran KORPRI untuk memahami dan melaksanakan penataan birokrasi yang menjadikan birokrasi yang bersih, kompeten, dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat lagi.

Percepat perubahan budaya kerja untuk seluruh anggota KORPRI menuju pola pikir dan budaya kerja aparatur negara yang lebih gigih, cerdas, inovatif, dan tanggap terhadap dinamika perubahan lingkungan strategis.

“Berikan pelayanan birokrasi yang makin cepat, makin akurat, makin murah, dan makin baik. Tinggalkan netralitas priyayi atau penguasa. Jadilah birokrat yang melayani dan mengabdi dengan sepenuh hati untuk kejayaan bangsa dan kesejahteraan rakyat,” pesan Presiden RI.

Upacara diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis berupa 6 buah bak penampungan air dari Korpri Kab. Sragen yang diserahkan Bupati Sragen kepada Kepala BPBD Sragen.

Selanjutnya, Bupati beserta jajarannya melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan kemudian dilanjutkan dengan bezuk sekaligus menyerahkan bantuan kepada anggota atau keluarga KORPRI yang sedang sakit. (HUMAS)


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account