BUPATI SRAGEN JADI IRUP PERINGATAN HARI KARYA BAKTI KE-73 KEMENAG

Oleh : humas
03 Januari 2019
174
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SRAGEN – Upacara peringatan Hari Amal Bakti ke – 73 Kementerian Agama 2019 dengan tema “Jaga Kebersamaan Umat” digelar di Stadion Taruna Sragen, Kamis (03/01/2019). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Sragen, Kakan Kemenag Kab. Sragen Drs. H. Ahmad Nasirin, M.Ag, Sekda Sragen Drs.Tatag Prabawanto B, MM, Ketua Pengadilan Agama Sragen Drs.Suhardi, SH, Ka Badan / Dinas terkait, dan sebagai peserta upacara dari pegawai Kemenag Sragen, Guru Pendidikan Agama, Santri pondok pesanten, hingga pelajar dan mahasiswa.

Bupati selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Agama Republik Indonesia yakni di “Hari Amal Bakti ke – 73 Kementerian Agama kali ini diperingati dalam kesederhanaan, keprihatinan, dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung karena seluruh bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan dalam derita dan bahagia, dalam sukacita maupun duka lara.

Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

Lebih lanjut pihaknya mengingatkan kepada seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama harus menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan yang bhineka, “Setiap kita haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta.”

Memasuki Tahun 2019, enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan, yakni: meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama.

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama membawa pesan kepada kita semua untuk mewujudkan supremasi nilai-nilai ke-Tuhan-an dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa. Masalah agama adalah masalah yang amat peka yang bila tidak ditangani dengan hati-hati dapat menimbulkan persoalan yang rumit. 

Oleh sebab itu, Kementerian Agama amat menyadari pentingnya kematangan cara berpikir dan bertindak dalam mengelola urusan keagamaan, menjaga kerukunan beragama serta mendorong pembudayaan moderasi beragama bagi semua warga bangsa.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piala/piagam kepada para siswa/siswi yang menjadi juara dalam beberapa lomba yang ada di lingkungan Kemenag Sragen baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional serta persembahan penampilan Marching Band dari MTSN 5 Sragen. (HUMAS)


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account