Begini Trik Datang ke Bazar Buku 24 Jam

Oleh : admin
17 April 2017
66

Persis saat bangsa Indonesia merayakan Hari Kartinitahun ini, Jumat (21/4/2017), bazar buku bertajuk Big Bad Wolf (BBW) kembali digelar. Adalah Hadriati Uli Tiur Ida Silalahi, Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia, pengelola BBW, yang mengatakan bahwa pergelaran kali kedua tersebut bakal berlangsung 24 jam lamanya sampai dengan Selasa (2/5/2017). "Bazar akan dibuka 24 jam," katanya di Jakarta, hari ini.

BBW, kata Uli, akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), di kawasan Bumi Serpong Damai ( BSDTangerang Selatan. Pembukaan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Pameran akan menempati luasan hingga 19.000 meter persegi.

Berkaca dari pengalaman tahun lalu, kata Uli, lantaran banyaknya warga masyarakat yang hadir, sekitar 350.000 orang, pengelola kali ini menyediakan 60 lokasi pembayaran. "Tahun lalu hanya tersedia 32 kasir,"  tutur Uli.

Pada tahun lalu, jumlah buku yang dijual mencapai angka 2 juta. "Tahun ini buku yang dijual ada 5 juta buku," tambahnya.

Uli memerinci, dari 5 juta buku tersebut, ada 1 juta buku yang ditulis dengan bahasa Indonesia. Menurut Uli, buku anak adalah buku yang paling sering dibeli. Berikutnya adalah buku yang menyangkut hobi, termasuk desain dan buku memasak. "Berikutnya adalah buku novel," tuturnya sembari menambahkan bahwa tersedia diskon minimal 60 persen.

Jangan pakai high heels

Masih menurut Uli, pengalaman setahun silam menunjukkan banyak pengunjung bergerak leluasa memilih buku-buku kesukaan mereka. Sembari membawa troli, para pengunjung seperti berebut dengan sesama pengunjung. Agar lebih mudah bergerak, tentu sebaiknya pengunjung menggunakan sepatu beralas datar alias sepatu keds. "Jadi jangan pakai sepatu high heels (sepatu dengan hak tinggi)," kata Uli.

Kemudian, pengunjung bisa memanfaatkan seluruh waktu untuk bertandang ke bazar. "Datang siang silakan. Datang malam boleh,"  kata Uli.

Selanjutnya, andaikan pengunjung berencana membeli banyak buku, silakan pula membawa tas besar untuk menyimpan buku-buku yang dibeli. Penyelenggara menyediakan 4000 troli untuk kenyamanan pengunjung.

Untuk mencegah antrean mengular, kata Uli, pengunjung dianjurkan melakukan pembayaran non-tunai. Dalam hal ini, penyelenggara BBW menggandeng Bank Mandiri. "Silakan menggunakan kartu kredit atau debit untuk pembayaran,"  kata Yoesman Sugianto, Senior Vice President Strategic Marketing & Communication Bank Mandiri dalam kesempatan tersebut.

 

EditorJosephus Primus

http://edukasi.kompas.com


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account