Bukan Daur Ulang, Inilah 8 Pilihan Hidup Terbaik untuk Bumi

Oleh : admin
13 Juli 2017
170
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Menekan pemanasan global tentunya bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan industri saja, tetapi juga seluruh penduduk bumi. Namun, jika tanggung jawab Anda selama ini hanya sampai daur ulang dan mandi air dingin, maka riset terbaru ini akan menjadi kabar buruk untuk Anda.
Dalam riset yang dipublikasikan melalui Environmental Research Letters ini, dua peneliti dari Lund University di Swedia dan University of British Columbia di Kanada menganalisa 39 studi dan laporan pemerintah untuk mengetahui pilihan gaya hidup yang paling banyak mengurangi emisi gas rumah kaca per individu.
Ternyata, empat pilihan yang paling banyak membantu adalah menggunakan energi ramah lingkungan, tidak naik pesawat terbang, tidak naik mobil, dan yang paling efektif, mengurangi jumlah keturunan.
Hanya dengan mengurangi satu saja jumlah keturunan Anda, emisi karbon dioksida yang berhasil dihemat mencapai 58,6 ton per tahun (tCO2e). Angka tersebut 24 kali lipat lebih banyak dibandingkan hidup tanpa mobil yang mengurangi 2,4 tCO2e per tahun.
Lalu, pilihan-pilihan hidup lainnya seperti membeli mobil yang lebih efisien dan mengikuti pola makan vegetarian juga akan mengurangi emisi karbon dioksida sebanyak 1,15 tCO2e dan 0,8 tCO2e.
Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa mendaur ulang dan tidak menggunakan pengering pakaian hanya akan menghemat sebanyak 0,2125 tCO2e per tahun dan 0,21 tCO2e per tahun.
Menanggapi penemuan ini, para peneliti pun mengakui bahwa pilihan-pilihan yang paling bermanfaat untuk bumi tergolong radikal dan belum pernah disarankan sebelumnya. Namun, mereka menekankan bahwa hal-hal ini bisa dilakukan.
“Perubahan gaya hidup yang serius bisa dilakukan. Ada bukti yang menunjukkan bahwa generasi muda bersedia untuk mengubah gaya hidup mereka saat ini juga baik untuk lingkungan,” tulis mereka.
Bagaimana dengan Anda, maukah Anda mengikuti anjuran-anjuran di atas demi lingkungan?


PenulisShierine Wangsa Wibawa
EditorShierine Wangsa Wibawa
SumberScience Alert,
http://sains.kompas.com


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account