Sragen Terapkan Pembayaran Retribusi Pasar Secara Online

Oleh : humas
10 Oktober 2017
80
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Sragen –  Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen menyelenggarakan sosialisasi pembayaran retribusi pasar berbasis elektronik terhadap 360 pedagang pasar Bunder dan Pasar Kota Sragen, Selasa (10/10/2017) yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen.

e-retribusi berbasis elektronik tersebut rencana akan diluncurkan secara resmi pada Rabu (25/10/2017) mendatang. Acara sosiasasi rencana penerapan e-retribusi dengan menghadirkan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Subagiyo sebagai Nara Sumber.

“Dengan Sistem ini dinilai dan diharap lebih efektif, efisien dan transparan dalam pembayaran retribusi dan untuk mengantisipasi adanya kebocoran dalam pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD)”, kata Bupati

Bupati yakin e-retribusi akan berhasil dan dapat diterapkan di Kabupaten Sragen dengan dukungan para pedagang yang sebagian besar telah melek IT, karena sistem tersebut dapat diaplikasi dengan handpone dan dapat mengoptimalkan pembayaran retribusi pasar.

“Jika dalam penarikan retribusi tersebut masih dalam bentuk manual, maka akan rawan kebocoran yaitu nantinya setoran tersebut tidak segera disetorkan ke Kas daerah, mungkin akan dipakai dulu oleh penarik retribusi”, ungkap Bupati.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sragen, Untung Sugihartono, mengatakan, “Sistem ini hanya digunakan untuk pedagang yang sudah berijin di dua pasar yaitu pasar Bunder dan Pasar Kota Sragen yang dibuktikan dengan buku ijin hak penggunausahaan. Sedangkan bagi pedagang yang tidak berijin yaitu pedagang adegan/oprakan dan pasar hewan masih menggunakan pemungutan retribusi secara manual/ uang cash”.

Penerapan e-retrubsi tersebut sesuai dengan edaran Menteri dalam Negeri yang diharap per 1 januari 2018 semua pasar di Kabuaten Sragen sudah menerapkan e-retribusi. Dalam penerapan e-retribusi tersebut pemkab. Sragen bekerjasama dengan Bank Jateng yaitu dengan menerbitkan kartu e-retribusi. (humas)


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account