Apa Enaknya Punya Kartu Tani?

Oleh : admin
12 Oktober 2017
67
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

Pemerintah berencana akan memperluas pemberian Kartu Tani kepada 8,8 itu petani penerima subsidi pupuk yang sudah diverifikasi. Kartu tersebut dinilai cukup efektif membuat penyaluran pupuk subsidi menjadi lebih sasaran.
Lantas apa manfaat Kartu Tani bagi para petani? Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan oleh para petani untuk membeli pupuk bersubsidi.

Dengan data lengkap di dalamnya, maka petani pemegang Kartu Tani akan lebih mudah mendapatkan pupuk subsidi. Selain itu, kartu tersebut bisa berfungsi sebagai kartu penjualan hasil panen.

Namun manfaatnya tidak hanya sebatas itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan, bank-bank BUMN akan menggunakan Kartu Tani sebagai data penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).)

"Nantinya perbankan BUMN juga akan memverifikasi petani pemegang Kartu Tani agar bisa mendapat KUR," kata Rini.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah akan menyiapkan payung hukum perluasan Kartu Tani. Rencananya payung hukum itu akan berupa Instruksi Presiden (Inpres).

Untuk memperlancar perluasan program Kartu Tani, pemerintah juga akan menyiapkan penyuluhan pertanian hingga memperkuat koordinasi antarbank pelaksana.

Editor : Aprillia Ika
http://ekonomi.kompas.com


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account