Wakil Bupati Sragen : Lembaga Zakat Harus Fokus Menangani Pengentasan Kemiskinan di Desa Tertentu

Oleh : humas
29 November 2017
116
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

 

Sragen – Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno memberikan secara Simbolis bantuan Modal Usaha kepada kaum Dhuafa dan Ekonomi produktif dari BAZNAS Kabupaten Sragen, di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Rabu (29/11/2017)

“Sesuai pengalaman, ketika pemerintah memberikan bantuan ternak berupa sapi, kambing pada tahun 2015-2016, yang begitu besar yaitu sebesar 25 milyar, begitu dicek ternak tersebut tidak berkembang malahan habis ada yang dijual dan lainnya”, ungkap Wakil Bupati.

“Oleh karena itu perlu ada pendampingan terhadap modal usaha yang diberikan tersebut agar berkembang, maka benar mengadakan kerjasama dengan TP PKK Kabupaten Sragen yang berada sampai didesa-desa untuk mendampingi. Dengan menerapkan manajemen dan kontrol yang baik”, terang Wakil Bupati.

“Kita harus mendata desa-desa mana yang tingkat kemiskinannya paling besat, maka kita fokus pada desa tersebut, dengan membagi masing-masing lembaga zakat untuk menyalurkan zakatnya dikantong-kantong kemiskinan yang ada di desa tertentu, agar kemisminan segera terentaskan”, ujar Wakil Bupati.

Diungkapkan oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Sragen, Drs. H. Mahmudi, “dalam pentasharufan hari ini diberikan bantuan sebesar 273 juta rupiah, yang diberikan kepada kaum dhuafa 66 orang masing-masing 1 juta rupiah, ekonomi produktif sebanyak 69 orang masing-masing 3 juta rupiah.

Lanjut Mahmudi, “Berdasarkan hasil Rakornas BAZNAS dijakarta bulan Oktober, disepakati bahwa zakat, Infaq dan Shodaqoh 60 % adalah  untuk mengentaskan kemiskinan, dengan rincian 20 % untuk konsumtif santunan kepada lansia dan yang membutuhkan bantuan dan 40 % untuk ekonomi produktif”.

“Dalam Pentasharufan kali ini bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Sragen untuk mendampingi para penerima bantuan oleh TP PKK kecamatan maupun Desa, Kata Mahmudi. (Humas)


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account