751 Calon Jemaah Haji Asal Sragen Ikuti Bimbingan Manasik


admin | 17 April 2024 | 138

SRAGEN – Sebanyak 751 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Sragen mengikuti bimbingan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen.

Bimbingan manasik itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati, Suroto, di Gedumg IPHI Nglorog, Rabu (17/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Wabup berpesan kepada calon jemaah mengikuti bimbingan manasik haji dengan bersungguh-sungguh agar nantinya para jemaah haji Kabupaten Sragen dapat menjadi haji yang mabrur.

Wabup menambahkan bahwa bimbingan manasik ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jemaah lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan ibadah haji.

"InsyaAllah memperoleh haji mabrur sepulang dari Tanah Suci," harap Wabup.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sragen, Ihsan Muhadi menyampaikan pada 2024 ini ada 751 Calon Jemaah Haji (CJH) yang dipersiapkan untuk berangkat. Langkah ini sebagai persiapan menjelang keberangkatan. Seperti kelengkapan administrasi sampai persiapan fisik dan pembinaan.

"Kita harapkan persiapan semua dokumen, paspor dan pembinaan InsyaAllah sudah clear. Tinggal tambahan mutasi beberapa orang yang kita segera selesaikan," ujarnya.

Sedangkan terkait persiapan ibadah haji, pihaknya mempersiapkan bimbingan manasik haji di tingkat kabupaten selama 2 hari kedepan, yakni Rabu-kamis (17-18/4). Kemudian dilanjutkan untuk manasik haji tingkat kecamatan. Setiap kecamatan sudah disiapkan lokasi manasik haji.

Ihsan menambahkan beberapa jemaah haji sebagian mungkin sudah mengikuti Manasik haji di HBIH. Namun tetap diperkuat dan dimantapkan lagi dengan kegiatan manasik di tingkat kabupaten dan kecamatan.

"Rencananya semua jemaah haji Sragen direncanakan akan berangkat di gelombang kedua. Namun untuk pembagian kloter masih harus menunggu. Karena masih harus benar-benar tepat dan rigid untuk pembagian shift. Tidak boleh sampai kurang atau tambah. Dan pembagian kloter masih menunggu," lanjutnya.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top