Pameran Ekraf dan Pentas Seni Barongsay Ramaikan Festival Budaya Kemukus 2024


admin | 07 Juli 2024 | 229

SRAGEN - Tanggal 1 Suro merupakan perayaan penting dan sakral bagi masyarakat Jawa. Tanggal tersebut menandai tahun baru kalender jawa.

Tradisi merayakan 1 Suro di Gunung Kemukus kini menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sragen.

Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga tahun ini menggelar Festival Budaya Kemukus dengan acara inti Larap Slambu di makam Pangeran Samudera yang dilaksanakan dua hari mulai tanggal 6 – 7 Juli 2024

Bagi masyarakat yang hobi cuci mata panitia menghadirkan Pameran ekonomi kreatif dan bazar kuliner. Pameran yang telah dibuka oleh Kepala Dispora Kabupaten Sragen pada Sabtu (6/7) itu diikuti 20 stand yang melibatkan UMKM setempat.

Ada yang menjual kebab, dimsum, Korean food, berbagai minuman dingin serta batik dan kerajinan tangan yang diikuti UMKM Kecamatan Sumberlawang, Miri dan Sragen. Hampir seluruh stand ramai dipenuhi pengunjung.

Selain Larap Slambu yang digelar Minggu pagi, ada pula pagelaran seni budaya salah satunya pertunjukan seni Barongsay Tripusaka yang berasal dari Surakarta yang digelar Minggu sore di promenade kawasan Kemukus.

Seni pertunjukan Barongsay asal cina ini memiliki bermacam latar belakang yang unik karena para pemain kebanyakan dari suku Jawa dan telah mengikuti berbagai kompetisi barongsai se-Indonesia.

Menjelang pukul 4 sore pengunjung semakin ramai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sambil mencicipi kuliner yang disediakan mereka antusias menyaksikan 7 barongsay yang beratraksi dengan akrobatik menggunakan bangku-bangku yang ditumpuk.

Salah satu pengunjung warga sekitar Gunung Kemukus, Eny dan putri kecilnya sangat terpukau menyaksikan barongsay. Ia mengaku senang karena bisa melihat dari dekat seni pertunjukan yang baru pertamakalinya hadir di Kemukus.

“Momen Tahun baru Jawa ini sengaja kita hadirkan barongsay Tripusaka untuk memeriahkan Festival Budaya Kemukus. Masyarakat disini belum familiar dengan barongsay makanya kita datangkan untuk menambah daya tarik masyarakat sekitar.”terang Kepala Dispora Kabupaten Sragen Joko Hendang Murdono disela-sela kegiatan Larap Slambu, Minggu (7/7/2024) di Kompleks Makam Pangeran Samudera.

Sebagai puncak acaranya, Ia menambahkan Festival Budaya Kemukus akan ditutup dengan gelaran seni tradisional Kethoprak Humor Sedap Malam yang menghadirkan bintang tamu Momon Bakar Production yang dimulai jam 19.30 malam.

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_Diskominfo

 

Berita Terbaru

Top