Image Not Available

MAKAM SYEKH MUHAMMAD NASIR / KYAI SINGOMODO


admin | 08 Nopember 2021 | 1519

SRAGEN – Makam Kyai Singomodo berada di Desa Kandangsapi, Kecamatan Jenar, Kabupaten Sragen. Di samping kiri dan kanan makam Kyai Singomodo, terdapat makam sang istri dan para prajurit bawahan dari Keraton.

Makam yang memiliki sumber mata air jernih (sendang) ini selalu didatangi peziarah. Tiap malam Suro, makam ini selalu dijadikan tempat berdoa bagi peziarah dari berbagai daerah, seperti Yogyakarta dan Kediri. Selain berdoa, peziarah juga datang dengan tujuan mandi di sendang sebanyak 7 kali. Banyak para pengunjung mengaku merasakan udara yang sejuk saat mendatangi makam.

Makam ini luas dan teduh, sehingga nyaman untuk berdoa dan berziarah atau hanya sekedar berkunjung. Makam ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti Mushola dan toilet yang bersih. Area parkirnya pun cukup luas.

Menurut juru kunci, banyak peziarah yang justru berkunjung pada malam hari.

Dalam sejarah, Beliau mendirikan rumah di sebuah pekarangan untuk tempat tinggal bersama 4 sahabatnya dengan babat alas. Disana terdapat papan pegunungan yang bergelombang dimana diceritakan dahulu memiliki alas besar dan terdapat berbagai binatang seperti macan, singa, monyet, dan sejenisnya.

Lainnya

Top