Image Not Available

WARUNG MBAH RAJAK JADI KULINER LEGENDARIS KHAS SRAGEN


admin | 22 Juli 2022 | 634

SRAGEN - Kabupaten Sragen merupakan salah satu daerah yang masih nguri-uri akan budaya tradisional Jawa, termasuk salah satunya di sektor pangan atau kuliner.

Salah satunya Warung Mbah Rajak yang berada di Pasar Kota Sragen. Usaha kuliner Mbah Rajak kini diteruskan oleh anaknya yakni Warlan yang sebelumnya sudah berjalan sejak sekitar tahun 1960-an dan masih eksis hingga sekarang secara turun temurun.

Warung Mbah Rajak menjual berbagai macam makanan tradisional Jawa, mulai dari kudapan, lauk pauk, hingga makanan berat dengan porsi kecil. Adapun pilihan menu yang menjadi khas Mbah Rajak sendiri yaitu jenang, jadah, tahu tempe bacem dan putih telur dengan kuah opor yang menjadi favorit pembeli.

Setiap jajanan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 1.000 untuk tahu tempe per biji, dan untuk jenang jadah mulai dari Rp 5.000 per porsi. “Walau harga-harga pada naik, kita naiknya tetap dikit aja. Mengurangi untung, pokoknya ya yang penting tetap jalan aja” ujar Warlan, Kamis (21/7).

Dalam menyiapkan dagangan setiap harinya, Warlan memulai produksi masakan sehari sebelum berjualan dan sebagian sekitar pukul 04.00 WIB. Warung Mbah Rajak baru dibuka pukul 07.00 WIB hingga tutup pada pukul 15.30 WIB.

Meski sudah berdagang selama kurang lebih 60 tahun, usaha kuliner Mbah Rajak juga kerap terkendala dengan harga bahan baku yang cenderung tidak stabil sehingga Warlan sendiri sering merasa kesulitan untuk belanja bahan baku untuk mempertahankan agar usahanya tetap berjalan.

Dengan kondisi tersebut, Warlan berharap harga bahan baku stabil, sehingga Ia tidak mengkhawatirkan keuntungan yang akan diperoleh. Selain itu, Ia berharap Warung Mbah Rajak dapat dikenal luas oleh masyarakat khususnya di seluruh Indonesia.

Bagi pembeli yang ingin memesan silahkan menghubungi nomor 08548788337 / 08156757056, atau bisa datang langsung ke Warung Mbah Rajak yang berada di tengah Pasar Kota Sragen.

 

Penulis  : Salsabila Budi Kamiliya

Editor    : Rofi_Diskominfo

Lainnya

Top