Image Not Available

BOTHOK MERCON MBAH WIRO JADI KULINER PEDAS WAJIB DI SRAGEN


admin | 22 Juli 2022 | 356

Sragen- Makanan dengan cita rasa pedas menjadi salah satu kuliner favorit bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya ragam pilihan sambal dan makanan pedas yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara.

Salah satu kuliner dengan cita rasa pedas yang wajib dicoba ketika anda berkunjung ke Kabupaten Sragen yaitu Bothok Mercon Mbah Wiro. Warung makan ini berdiri sejak tahun 1980an dan tetap konsisten dengan cita rasa pedasnya hingga kini meskipun sudah dilanjutkan oleh anak ke-2 dari mbah Wiro yakni Mujiono.

Bothok Mercon Mbah Wiro yang berisikan Ayam atau Ikan Patin yang diolah dengan sambel khas Mbah Wiro yang sangat pedas lalu dikukus dan disajikan dalam bungkusan daun pisang yang membuatnya makin nikmat.

Terdapat dua menu di Bothok Mercon Mbah Wiro yaitu Bothok Ayam dan Bothok Ikan Patin. Menu bothok yang paling diminati oleh pelanggan yakni Bothok Ikan Patin. Selain menu bothok juga tersedia menu pelengkap seperti tempe goreng, telur asin, dan juga kerupuk. Dalam sehari bisa menghabiskan belasan kilogram cabai untuk membuat bothok mercon ini. “Biasanya rata-rata kita menggunakan 12 Kilogram cabai perhari” jelas Mujiono. Meskipun menggunakan cabai yang banyak, harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni Rp. 10.000 per porsinya.

Selama menjalankan usahanya, Mujiono mengungkapkan kendala yang paling sering terjadi yaitu karena harga cabai yang naik drastis. Oleh sebab itu, Ia berharap agar kenaikan harga cabai dapat segera diturunkan sehingga Bothok Merconnya tetap terjaga kualitas dan rasanya. Mujiono juga berharap agar Bothok Mercon dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Kabupaten Sragen.

Bagi kalian yang menyukai kuliner dengan cita rasa pedas jangan lupa mampir di WM Bothok Mercon Mbah Wiro yang beralamatkan di Jalan Pungkruk Gemolong RT. 3 RW. 2 Desa Nglombo-Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen. Bothok Mercon Mbah Wiro ini buka Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Jika ingin memesan Bothok Mercon ini bisa menghubungi nomor 081575972104.

 

Penulis  : Carissa Ekka Cantika

Editor    : Rofi_Diskominfo

Lainnya

Top