Image Not Available

INOVASI TANAMAN OKRA DAN DAUN KELOR MENJADI OLAHAN DAWET SEGAR


admin | 01 Agustus 2022 | 338

SRAGEN - Kabupaten Tani Nelayan Andalan (KTNA) Expo Kabupaten Sragen 2022 yang digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati, yang berlangsung dari tanggal 27 Juli 2022 sampai dengan 31 Juli 2022, dengan mengadakan Talk Show Digitalisasi Pertanian yang dihadiri dari berbagai narasumber serta menyediakan berbagai macam stand pameran yang terdiri dari stand UMKM, pertanian, dan ekonomi kreatif.

Tidak terkecuali KWT Sasmito Tani Kecamatan Sukodono yang saat ini di ketuai oleh Ibu Rini, menempati salah satu stand serta berkontribusi dalam memeriahkan pameran. Kelompok Wanita Tani Kecamatan Sukodono memulai produksi olahan hasil pertanian sejak tahun 2015.

“Jadi semacam daun kelor, roka, pisang dan singkong petani kan banyak yang nanam, kadang bikin bingung hasil panen mau diapakan kalau kondisi lagi melimpah. Kita inovasikan menjadi keripik dan minuman” ujar Rini, Jum’at (29/7).

Berbagai produk hasil tani kecamatan Sukodono yang diperkenalkan dan dijual, mulai dari makanan ringan (vacum frying), tanaman hias dan minuman. Untuk harga satu botol minuman mulai dari Rp 5.000, sedangkan untuk produk makanan lainnya memiliki rata-rata harga Rp 15.000.

Minuman Dawet Daun Kelor dan Okra Jelly Drink menjadi produk khas dari inovasi produk yang diciptakan mereka. Adapun yang menjadi produk unggulan yaitu kedua minuman segar tersebut.

Dalam produksi Dawet Daun Kelor Jelly Drink dan Dawet Okra Jelly Drink membutuhkan waktu 3 jam dalam pengolahannya. Adapun manfaat yang dimiliki kedua produk tersebut antara lain, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula dalam darah / diabetes, mencegah penyakit kronis, serta memberikan manfaat baik pada organ vital.   

“Melalui terselenggaranya KTNA Expo 2022 Sebagai Kelompok Wanita Tani berharap, kita ingin kelompok PKK, kelompok wanita mandiri atau yang lain, kita bisa untuk menambahkan hasil untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, wanita bisa mandiri dan tidak bergantung pada penghasilan laki-laki sebagai kepala rumah tangga. Seperti kita bisa memanfaatkan pekarangan yang ada dengan menanamkan sayur-sayuran, cabai, hingga buah. Berupaya untuk mengurangi pengeluaran”, harap Rini.

Bagi pembeli yang ingin memesan silahkan menghubungi nomor 081215940877 atau bisa datang langsung di Jl. Mayah RT 23, Bendo, Sukodono, Sragen, Jawa Tengah.

 

Penulis : Salsabila Budi Kamiliya

Editor  : Rofi­_Diskominfo

Lainnya

Top