Image Not Available

TEH BUNGA TELANG JADI PRODUK UNGGULAN KWT KECAMATAN MASARAN DI KTNA EXPO SRAGEN 2022


admin | 01 Agustus 2022 | 552

Sragen - Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Sragen menggelar event KTNA Sragen the EXPOrience pada tanggal 27 Juli hingga 31 Juli 2022. Kegiatan yang memiliki slogan “Menumbuhkan Petani Milenial, Menjaga Ketahanan Pangan Masa Depan” ini diselenggarakan di Gedung Sasana manggala Sukowati Kabupaten Sragen. Kegiatan yang digelar selama lima hari ini menghadirkan 100 stand pameran yang terdiri dari stand pertanian, UMKM, dan ekonomi kreatif.

Salah satu Kelompok Wanita tani (KWT) yang mengikuti kegiatan KTNA EXPOrience Kabupaten Sragen 2022 yakni KWT Mekar Mandiri dari KTNA Kecamatan Masaran. Produk yang menjadi unggulannya yakni Teh Telang Biru. Tanaman Clitoria ternatea atau yang biasa dikenal dengan telang merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai bahan herbal yakni bunganya. Bunga Telang biru ini memiliki segudang manfaat diantaranya yakni :

  1. Dapat Meningkatkan kekebalan Tubuh
  2. Sebagai Anti Peradangan
  3. Anti penuaan Dini
  4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  5. Menurunkan kadar Kolesterol

Ibu-Ibu dari Kelompok Wanita Tani Mekar Mandiri ini telah melakukan budidaya tanaman telang sejak tahun 2019.  Bunga telang yang sudah dipanen nantinya akan dikeringkan selama 2-3 hari dibawah terik sinar matahari hingga kering. Hal ini dilakukan agar masa penyimpanan bunga telang dapat bertahan lebih lama yakni sekitar 1 bulan. 1 Kg Bunga Telang Kering ini dibandrol dengan harga Rp. 120.000.

Sudarwati selaku Ketua Kelompok Wanita Tani Mekar Mandiri berharap dengan adanya kegiatan KTNA EXPOrience ini dapat meningkatkan ekonomi para petani, “Dengan adanya KTNA ini agar petani bisa meningkatkan dan mengembangkan sayapnya lebih jauh lagi hingga dapat meningkatkan ekonomi para petani.” Ujarnya.

Jika ingin memesan Teh Telang Biru dapat menghubungi 085229240507, atau dapat datang langsung ke Jl. Mojoroto RT.25 RW.06, Sepat, Masaran, Sragen.

 

 

Penulis : Carissa Ekka Cantika

Editor  : Rofi­_Diskominfo

Lainnya

Top