Foto

624 PPS di Lantik, Sragen Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024


admin | 24 Januari 2023 | 404

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen siap membantu dan memfasilitasi dan bekerjasama untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024.

Hal itu disampaikan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didepan ratusan Panitia Penungutan Suara (PPS) Desa/Kelurahan se-Kabupaten Sragen di Lapangan Taruna Sragen, Selasa (24/1/2023).

“Kami sangat mengapresiasi dan siap mensukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024. Pemerintah Kabupaten Sragen memastikan akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada pelaksanaan Pemilu dan juga akan menjamin ketersediaan anggaran pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.”terang Bupati Yuni.

Ia menekankan dukungan anggaran tersebut perlu adanya sinergitas dalam pelaksanaan dan perencanaan anggaran dari semua instansi peneyelenggara pemilu/pemilihan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait sharing anggaran pemilihan.

“intinya Pemkab Sragen siap menjamin ketersediaan anggaran. Berapa kisaran jumlahnya sedang kita komunikasikan terus dengan KPU untuk bisa menyisir agenda dan kegiatannya. Karena ada yang disharingkan dengan Pemprov Jawa tengah.”ungkapnya.

Selanjutnya Bupati Yuni memberikan ucapan selamat dan harapan kepada PPS yang telah dilantik agar dapat bekerja secara profesional, mempunyai integrirtas yang tinggi, jujur, adil serta menjaga netralitas.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Sragen Minarso mengatakan Pemilu 2024 didukung anggaran sharing antara Pemkab Sragen dan Pemprov Jawa Tengah untuk pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Sragen.

Minarso menyatakan Pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Ditambahkannya demokrasi merupakan suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

“Poin penting yang dapat diambil dari peran masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu ini adalah masyarakat sebagai penyelenggara pemilu (sebagai anggota KPU, anggota Bawaslu, anggota PPS), menjadi peserta Pemilu (menjadi Presiden, sebagai Anggota DPR RI, DPR Provinsi, calon DPRD Kabupaten/Kota), menjadi pemilih Pemilu yang berdaulat.”jelas Minarso.

Ia menjelaskan, KPU melantik 624 PPS yang berasal dari 208 kelurahan/desa dengan jumlah 3 orang per desa di 20 kecamatan Kabupaten Sragen dan telah melaksanakan rapat pleno ditingkat Provinsi.

‘Dalam waktu dekat, secepatnya mereka akan menentukan  rapat pleno untuk memilih Ketua dan anggota. Kemudian PPK akan berkoordinasi dengan Kepala Desa/Lurah untuk mengusulkan Sekretaris PPS dan anggota Sekretariat. Yang berwenang mengusulkan adalah Kepala Desa untuk kemudian disampaikan kepada KPU dan selanjutnya akan kami buatkan SK. Setelah itu PPS akan langsung bekerja untuk membuat Proses Penyusunan Data Pemilih."kata Minarso.

Pelantikan PPS dan Apel Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di hadiri oleh perwakilan Forkopimda Sragen dan di akhiri dengan defile Apel Kesiapan  penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Defile diawali oleh barisan seluruh Komisioner KPU dan anggota KPU kemudian diikuti 624 anggota PPS dan 100 anggota PPK, Sekretaris PPK dari 20 kecamatan se Kabupaten Sragen.  

 

Penulis : Mira_DIskominfo

Editor : Yuli_DIskominfo




Berita Terbaru

Top