Hasil SPBE Kabupaten Sragen 4,26 Raih Predikat Memuaskan


admin | 15 Januari 2024 | 162

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen kembali meraih prestasi di awal tahun. Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadikan Pemerintah Kabupaten Sragen sebagai salah satu Pemerintah Daerah terbaik di Jawa Tengah.  

Keberhasilan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Sragen meraih predikat “Memuaskan” dengan nilai indeks 4,26. Penilaian tersebut telah sesuai target Indikator Kerja Utama (IKU) Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen yaitu 3,5.

Ditemui di ruang kerjanya Senin (15/1/2023) Kepala Dinas Komunikasi Kabupaten Sragen Catur Sarjanto mengaku bersyukur atas pencapaian hasil SPBE yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Sragen.

“Alhamdullilah, suatu capaian prestasi yang sangat luar biasa bagi kami bahwa indeks SPBE Pemerintah Kabupaten Sragen 4,26. Pencapaian itu melampaui indeks penilaian SPBE tahun 2022 yaitu 3,12. Pembangunan layanan berbasis elektronik di Kabupaten Sragen dilakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel serta pelayanan yang berkualitas.”ungkapnya.

Catur menambahkan tujuan utama SPBE adalah memiliki dampak pada setiap lini misalnya pelayanan semakin cepat, administrasi pelayanan yang semakin tertib, indikator penyalahgunaan kewanangan semakin terminimalisir.

“Tidak hanya mengejar nilai namun yang utama adalah dampak SPBE dapat dirasakan pada tataran pemerintahan maupun masyarakat. SPBE menyangkut seluruh layanan IT dalam pemerintahan maupun masyarakat. Jadi nilai adalah sebuah  indikator bahwa kita telah menerapkan layanan berbasis elektronik sesuai dengan parameter yang sudah ditetapkan oleh Kemenpan RB.”terangnya.

Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Sragen telah menerapkan layanan digital berbasis elektronik dalam setiap tata kelola penyelenggaraan pemerintahan salah satunya Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang menjadi pilot project di Indonesia.

“Ada 47 indikator penilaian diantaranya domain kebijakan internal, domain tata kelola, domain manajemen dan domain layanan. Penilaian layanan menjadi poin yang paling unggul bagi Kabupaten Sragen dengan tingkat nilai kematangan 5. Hal itu dikarenakan hampir seluruh layanan di Kabupaten Sragen sudah berbasis IT.”jelasnya.

Selain itu domain kebijakan, nilai rata-rata tingkat kematangannya pun juga sudah 5, dan telah terpenuhi. Namun ada beberapa hal yang masih harus ditingkatkan adalah domain manajemen terutama dalam pemenuhan kelengkapan dokumen.

“Selamat untuk Kabupaten Sragen dan terimakasih kepada seluruh pihak baik SKPD maupun OPD yang telah bekerja keras dalam mewujudkan nilai SPBE yang telah melampaui target menjadi 4,26. Semoga kedepan bisa terus ditingkatkan terutama konsistensi dan komitmen bersama ini kita jaga agar SPBE dapat diimplementasikan secara maksimal.”pungkasnya.

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_Diskominfo

 

Berita Terbaru

Top