TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Jekawal Resmi Dibuka


admin | 08 Mei 2024 | 180

Kegiatan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II Tahun 2024 di gelar di Lapangan Silibau Desa Jekawal Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Rabu (08/05/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sragen H. Suroto, Forkopimda Sragen, Kepala OPD Sragen, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Tangen.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sragen H.Suroto selaku Inspektur Upacara membuka secara resmi dan membacakan amanat Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Bupati mengapresiasi  jajaran TNI khususnya Kodim 0725/Sragen dalam penyelenggaraan kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2024 atas sinerginya antara TNI, Polri, masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Sragen dalam mendukung pembangunan di wilayah Kabupaten Sragen.

Kegiatan TMMD kali ini menitik beratkan pentingnya pembangunan infrastruktur khususnya akses pembangunan jalan, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) dan pembangunan jamban sehat, sehingga diharapkan dapat memperlancar mobilitas pertanian yang mengarah pada peningkatan ekonomi desa, dan menciptakan hunian yang nyaman dan memenuhi kebutuhan MCK yang sehat.

“Saya ingin menekankan pentingnya peran aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan kegiatan TMMD ini. Partisipasi dan kerjasama dari warga sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan pembangunan. Mari kita bersatu padu, saling membantu dan berkolaborasi untuk mewujudkan visi kita bersama yaitu Menuju Kabupaten Sragen Mandiri, Sejahtera, dan Berbudaya Berlandaskan Semangat Gotong-Royong.”kata Bupati.

Dengan kata lain, TMMD menyatukan karsa dan karya, untuk mempererat tali persaudaraan, memupuk semangat gotong-royong, dan menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat. Ia meminta agar seluruh elemen menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur warga Desa yang Saiyeg Saeka Praya, yaitu semangat gotong royong serta bahu membahu dengan tekat yang kuat menuju kesejahteraan masyarakat Sukowati.

Dengan dimulainya TMMD Sengkuyung tahap II, pembangunan infrastruktur dan SDM yang akan dilakukan jajaran TNI, Polri, masyarakat dan Pemda selama kurang lebih 30 hari ke depan diharapkan dapat turut mendorong roda sosial ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Desa Jekawal Kecamatan Tangen.

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P menerangkan bahwa sasaran TMMD di Desa Jekawal ada 2 yakni sasaran fisik dan non fisik.

"Sasaran fisik berupa cor blok jalan sepanjang 550 M, rehab rumah tidak layak huni 5 unit dan pembuatan jamban sehat sebanyak 7 unit, sementara sasaran non fisik berupa penyuluhan Peternakan dan Perikanan, Pertanian dan Perkebunan, Pembinaan Kamtibmas dan bahaya narkoba, KB-Kes, Posyandu dan Penyakit Tidak Menular, Penyuluhan Stunting, dan pembinaan Rohani.”ujarnya.

Dia berharap kegiatan TMMD yang berlangsung selama 30 hari, dan selesai pada 08 juni 2024 mendatang seluruh proses pengerjaan pembangunan bisa selesai tepat waktu.

Usai Upacara Pembukaan, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan RTLH sebesar Rp 50 juta dan bantuan jamban sehat sebesar Rp 21 juta yang diserahkan secara simbolis kepada 2 orang perwakilan.

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor     : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top