Wujudkan Kualitas Tata Kelola Spasial Unggul, Diskominfo Gelar Bimtek Statistik


admin | 15 Nopember 2023 | 206

SRAGEN - Pemerintah Kab. Sragen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Statistik Sektoral dalam rangka implementasi Perbub Nomor 3 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Daerah. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Oproom Setda Sragen, Rabu (15/11/2023).

 

Kegiatan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Diskominfo Kab. Sragen, Dwiyanto, S.STP, M.Si. Dalam sambutannya, ia menyampaikan perlunya Kabupaten Sragen melakukan pendataan secara menyeluruh.

 

“Selain melakukan pendataan secara menyeluruh, kita juga harus memaksimalkan data dari masing-masing produsen data dalam upaya optimalisasi website satudata.sragenkab.go.id,” ujarnya.

 

Kegiatan dihadiri BPS dan seluruh produsen data Kab. Sragen.

 

Menghadirkan Statistisi Ahli Muda dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang, Nur Afiyah Maizunati, S.Si, M.Ec.Dev sebagai narasumber. Pada kesempatan ini, ia melakukan sharing knowledge implementasi statistic sectoral pada masing-masing produsen data di Kab. Sragen. Sharing knowledge berlangsung hangat untuk perbaikan bersama menuju satu Jateng yang unggul.

 

Statisisi ahli Muda BPS Sragen, Kuswandari, S.ST, M.E, juga dihadirkan sebagai narasumber dalam kegiatan ini dengan materi Proses Pembangunan Metadata di Masing-Masing Produsen Data se-Kab. Sragen. Merinci tentang Standar data, Daftar Data dan proses mekanisme pendaftaran di sistem Romantik BPS, dan pendaftaran Metadata di aplikasi OMAE BPS.

 

Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa untuk mendukung sinergi data diperlukan penyusunan metadata berdasarkan produsen data. Penggunaan data yang sesuai kaidah data memberikan manfaat dalam mekanisme aplikasi satudata.sragenkab.go.id, aplikasi Romantik BPS, dan aplikasi OMAE BPS.

 

Penulis: Mega_Diskominfo

Editor: Rofi_Diskominfo

Berita Terbaru

Top