Foto

Meriah, Kabupaten Sragen Jadi Tuan Rumah Puncak Peringatan HKN Ke-58


admin | 01 Desember 2022 | 893

SRAGEN – Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 tingkat Provinsi Jawa Tengah berlangsung meriah. Kabupaten Sragen berkesempatan menjadi tuan rumah pada peringatan HKN ke-58 yang digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati Sragen, Rabu (30/11/2022).

Dengan tema “Sinergi Transformasi Sistem Layanan Kesehatan”, HKN ke-58 tahun 2022 telah menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba diantaranya Lomba Olah Raga dan Seni (lomba Tenis Meja, Bulu Tangkis dan Paduan Suara), Lomba Fun Games, Nakes Teladan Puskesmas dan Rumah Sakit, Lomba Pengelola Profil Kesehatan Kabupaten/Kota Terbaik, yang diikuti seluruh Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit seluruh Jawa Tengah.

Pada puncak peringatan HKN ke-58 ini, dilaksanakan penyerahan hadiah lomba serta penyerahan penghargaan Mitra Bhakti Husada, Mitra Pelatihan Bapekes Jateng tahun 2022, dan Stakeholder yang mendukung pelaksanaan BIAN Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, beragam kegiatan pun digelar untuk menyemarakkan kegiatan tersebut. Seperti pemberian vaksinasi booster bagi 50 orang lansia dan 20 orang difabel.

Sejumlah 242 siswa siswi Kelas 1, kelas 2 dan kelas 5  Sekolah Dasar dari 3 kecamatan dihadirkan dalam rangka Imunisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Mereka mendapatkan imunisasi DT (Difteri Tetanus) untuk kelas 1 dan imunisasi TT (Tetanus Toksoit) untuk kelas 2 dan kelas 5 SD.

Dipandu Bupati Yuni, Sekda Provinsi Jateng Sumarno, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, 400 siswi-siswi SMA/SMK Sragen yang berasal dari 5 sekolah (SMA Negeri I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMK Negeri I dan SMK Negeri 2 Sragen) berkesempatan melakukan Gerakan minum tablet tambah darah bagi remaja putri dengan tujuan untuk mencegah kasus anemia pada remaja putri.

Bazar Pangan murah dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Sragen turut memeriahkan acara ini.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang awalnya dijadwalkan hadir pada puncak peringatan HKN ke-58, dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno SE.,MM, turut hadir mendampingi Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wakil Bupati Sragen H. Suroto, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar SKM., MSc.,MSi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, perwakilan Forkopimda Sragen dan Direktur Rumah Sakit se- Provinsi Jawa Tengah.

Dalam laporannya, Bupati Yuni mengatakan data Stunting di Kabupaten Sragen dari tahun 2018 sampai dengan 2021 mengalami penurunan yang signifikan yaitu tahun 2018 33,16%, tahun 2019 32,4%, tahun 2021 18,8%.

Jumlah Angka Kematian Ibu (AKI)/Angka Kematian Bayi (AKB) dari tahun 2020-2022 pun mengalami penurunan yaitu pada AKI tahun 2022 terdapat 13 kasus dan AKB tahun 2022 85 kasus.

Ia menambahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen telah menyelenggarakan Pameran Inovasi Kesehatan (PIKES) dari tahun 2019-2022. Dari kegiatan itu telah dilakukan penilaian inovasi terbaik, dan para pemenang lomba inovasi dihadirkan pada pameran inovasi di puncak peringatan HKN ke-58.

Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menyatakan pandemi covid 19 menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus melakukan perubahan  yaitu melakukan transformasi kesehatan di Indonesia. Ada enam jenis transformasi yang dilakukan yaitu transformasi layanan primer. Pelayanan ini lebih diutamakan untuk diupayakan promotive dan preventif.

 “Karena mencegah itu lebih murah dan lebih efisien daripada mengobati. Sehingga tidak banyak baya untuk pengobatan. Dengan menggerakkan kembali Posyandu yang fungsinya sebagai garda terdepan dengan kegiatannya seperti imunisasi, Pemebrantasan Sarang Nyamuk (PSN).”katanya.

Kedua adalah transformasi rujukan atau sekunder, ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan, keempat transformasi SDM kesehatan, kelima transformasi sistem pembiayaan kesehatan dan kelima transformasi teknologi kesehatan.

 

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_DIskominfo

 




Berita Terbaru

Top