Buka Musrenbang, Bupati Yuni Sampaikan 5 Prioritas Pembangunan Sragen Tahun 2024


admin | 21 Maret 2023 | 1187

SRAGEN - Pemerintah Kabupaten Sragen akan menguatkan perekonomian dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sragen tahun 2024.

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan program bertajuk Akselerasi dan Pemantapan Peningkatan Kualitas Infrastruktur Wilayah dan Lingkungan Hidup jadi acuan target kerja jajarannya.

Untuk mencapai tema pembangunan pada tahun 2024, telah ditetapkan 5 (lima) prioritas yang menjadi fokus pembangunan, yaitu : Pemantapan Kualitas Infrastruktur Berwawasan Lingkungan Hidup, Percepatan Penanganan Kemiskinan Dan Pengangguran, Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Investasi, Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar Masyarakat dan Pemantapan Tata Kelola Pemerintahan dan Kondusifitas Wilayah serta Pemantapan Kapasitas Fiskal Daerah.

"Programmya lebih pada peningkatan infrastruktur yang bagus dan semua wilayah terkoneksi akan membantu meningkatkan ekonomi. Serta upaya dalam pengembangan sektor pariwisata dan lingkungan hidup harus terus dilakukan," ungkap Bupati Yuni saat membuka musrenbang Kabupaten Sragen, di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati, Selasa (21/3/2023).

Pada 2024 mendatang, Bupati mengatakan Pemkab Sragen mentarget ada pertumbuhan ekonomi  sebesar 5,87 % dari realisasi tahun 2022 yakni 5,76% dan target tahun 2023 ini diangka 5,30%.

"Tentu dengan beberapa arah kebijakan, mulai dari peningkatan Investasi Daerah (Kemudahan perijinan Pengembangan UMKM mencapai 10 Milyar), Pembangunan infrastruktur perekonomian jalan, jembatan penghubung antar desa dan JUT, Memaksimalkan fungsi & peran pasar dalam mendorong peningkatan kegiatan perekonomian daerah, Pengendalian Harga dan Stok Barang Kebutuhan Pokok (Inflasi) dengan Pasar Murah, Padat Karya dan Beras Murah dan Revitalisasi Obyek Wisata," paparnya.

Selain itu, program penurunan angka pengangguran dan kemiskinan juga menjadi fokus pembangunan 2024.

"Untuk penganguran, target turun dari realisasi 2022 diangka 4,69% menjadi 3,57% pada 2024. Dan kemiskinan dari realisasi 2022  sebanyak 12,94% urun menjadi 11,18% untuk tahun 2024," urainya.

Adapun 10 pembangunan fisik tahun 2024, diantaranya, Rekonstruksi Jl.Letjen.Sutoyo (Usulan Bankeu Prov), Pemb.Jembatan Gilirejo Baru-Gilirejo Lama Lanjutan (Usulan Bankeu Prov), Pembangunan Pemda terpadu tahap II, Pembagunan Gedung Kantor Kecamatan Gondang, Pembangunan Pendopo Kantor Camat Gemolong, Rekonstruksi jalan Ngarum-Blimbing (Usulan Bankeu Prov), Pembangunan Jembatan Butuh Tahap II, 20 ruas jalan antar dukuh/desa Pintas Pinggiran, Pembangunan hanggar olahraga baru di lingkungan GOR, dan Pembangunan 10 SD Unggul (RKB & Lab).

Pada kesempatan itu pula, Bupati Yuni juga memaparkan beberapa capaian pembangunan dan  prestasi yang telah diraih pemerintah Kabupaten Sragen sepanjang tahun 2022.

Menurutnya, prestasi dan penghargaan tersebut merupakan hasil kerjasama dan dukungan seluruh pimpinan OPD dan ASN. Sekaligus merupakan pengakuan dan apresiasi atas kinerja penyelenggaraan Pemkab Sragen.

Bupati berharap, dengan adanya Musrenbang RKPD Tahun 2024 dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

 
Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top