Dalam Sepekan RSUD dr. Soeratno Gemolong Raih 2 Penghargaan
admin | 07 Agustus 2023 | 637
SRAGEN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dr. Soeratno, Gemolong, Kabupaten Sragen terus meningkatkan kualitas dalam melayani masyarakat.
Hal tersebut, terbukti dari dua penghargaan tingkat nasional yang diterima RSUD tersebut dalam sepekan terakhir ini.
Pertama, RSUD dr. Soeratno, Gemolong mendapat Juara 1 Nasional Sibling (Supervisi, Buktikan dan lihat langsung) atas kualitas pelayanan pasien.
Kedua, rumah sakit milik Pemkab Sragen ini juga menerima penghargaan Public Service of the year 2023 dari Mark Plus Institute. Penghargaan terakhir itu diserahkan langsung Hermawan Kertajaya yang juga Pendiri Markplus Institute.
Direktur RSUD dr. Soeratno Gemolong, Kinik Darsono mengatakan, salah satu penilaian yakni supervisi, buktikan dan lihat langsung atau yang disingkat (Sibling) dari kualitas pelayanan pasien di RSUD dr. Soeratno Gemolong.
"Saya kaget bisa mendapat dua penghargaan bergengsi itu karena kami tidak menyangka sebelumnya. Penghargaan Sibling itu didapat saat petugas BPJS dan Pak Wakil Bupati, Suroto inspeksi mendadak pelayanan di RSSG, khususnya pelayanan pasien BPJS kesehatan dan divideo. Sidak itu bertujuan melihat kualitas pelayanan, baik dari sisi fasilitas, prosedur, dan kepuasan pasien," jelas Direktur RSUD Gemolong, dr. Kinik Darsono.
Ia menjelaskan dalam sidak itu Wabup melihat langsung alur pelayanan mulai dari pendaftaran, pelayanan poliklinik, pelayanan rawat inap, laboratorium, pelayanan radiologi, pelayanan apotek, hingga pasien pulang. Dari semua pelayanan itu yang dinilai hanya tiga hal utama, yakni cepat, mudah, dan setara.
"Ternyata hasil video sidak itu dinilai nasional. Video itu mengantarkan RSUD Gemolong bersama BPJS Kesehatan Solo meraih juara I nasional," kata Kinik.
Komitmen dr. Kinik dalam memberikan kesetaraan pelayanan terhadap pasien, terbukti dinilai sukses oleh Mark Plus Institute yang merupakan salah satu lembaga yang tergerak dalam pengembangan kompetensi terkemuka di Indonesia. RSUD dr. Soeratno Gemolong dinobatkan sebagai Public Service of the year 2023.
Ia mengaku jika manajemen RSUD justru tidak mengetahui sama sekali. Dia tidak tahu kapan penilaian dilakukan tiba-tiba dapat undangan untuk meraih penghargaan.
"Ternyata Tim Markplus melakukan penilaian diam-diam dari berbagai sisi dan menjaring pendapat masyarakat tentang kualitas pelayanan. Pak Hermawan Kertajaya melalui Markplus memiliki ahli marketing research," jelasnya.
Disisi keberhasilan RSUD dr. Soeratno Gemolong yang terbukti dapat menorehkan penghargaan dalam kurun waktu sepekan. Sebagai pucuk pimpinan RSUD, dr. Kinik menekankan kepada seluruh jajaran RSUD dr. Soeratno Gemolong untuk terus mengedepankan prinsip kesetaraan tanpa ada pembeda.
"Tiga prinsip pelayanan, mudah, cepat dan setara ini yang harus ditanam oleh seluruh pegawai RSUD. Terus menyempurnakan pelayanan menjadi tujuan utama. Bukan menjadi yang terbaik, melainkan bagaimana kita bisa memberi yang terbaik," pungkasnya.
Penulis : Miyos_Diskominfo
Editor : Yuli_Diskominfo