Dua Tahun Kepemimpinan Yuni-Suroto : Bersinergi Dan Harmonisasi Bangun Bumi Sukowati


admin | 25 Mei 2023 | 561

SRAGEN – Masa Kepemimpinan dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan H. Suroto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sragen genap memasuki perjalanan yang kedua tahun. Banyak hal yang telah dicapai dan diraih dalam berbagai bidang oleh Kabupaten yang dikenal dengan sebutan Bumi Sukowati itu.

Tasyakuran memperingati dua tahun kepemimpinan Bupati Yuni dan Wabup Suroto digelar Rabu malam (24/5/2023) yang dilaksanakan dengan sangat sederhana di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen yang ditandai dengan pemotongan tumpeng serta dihadiri oleh Forkopimda Sragen, Kepala OPD Sragen, Instansi vertikal, Ketua Baznas Sragen dan Forum Usaha Daerah Kabupaten Sragen.

Ketua DPRD Kabupaten Sragen Suparno dalam sambutannya mengatakan dirinya mengakui kinerja Bupati dan Wakil Bupati Sragen telah mengukir banyak prestasi dan penghargaan yang membanggakan mulai tahun 2021 hingga 2023.

‘Beberapa sektor pekerjaaan infrastruktur yang besar sudah dikerjakan dan ada 10 titik yang masih perlu dibelanjakan dan diselesaikan dengan baik.”terang Suparno.

Menurutnya di tahun 2022 Pemkab Sragen telah meraih berbagai penghargaan diantaranya Terbaik kedua Nasional atas penilaian Kinerja pelayanan satu pintu dan kinerja percepatan pelaksanaan usaha Pemerintah Daerah dari Kemerntrian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Selanjutnya Peringkat ketiga Nasional Indeks Monitering Center for Goverment dengan nilai 98,37 dari KPK Ri. Kemudian peringkat lima Nasional IGA (Innovative Government Award) sebagai Kabupaten Terinovatif dari Kemerntrian Dalam Negeri.

“Pemkab Sragen meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-8 kalinya dari BPK Perwakilan Jawa Tengah atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Tahun 2022. Ini tentunya menjadi sesuatu hal yang kita banggakan.”katanya.

Disampaikannya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sragen tahun 2022 mencapai 5,76% lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Provinsi dan Nasional yaitu 5,31%. Sehingga menunjukkan perekonomian Kabuapten Sragen telah pulih kembali setelah pandemi covid-19.

Selain itu, Indek Pembangunan Manusia tahun 2022 dengan target sebesar 74,25% tercapai melebihi target yaitu 74,65%.

Investasi Kabupaten Sragen pada tahun 2022 realisasi nilai mencapai Rp 2,13 triliun mengalami kenikan dari target Rp 1,5 triliun sehingga menjadikan investor yang ingin masuk di Kabupaten Sragen.

Tingkat kemiskinan di Kabupaten Sragen mengalami penurunan, dengan melakukan terobosan Desa Tumis yang bekerjasama dengan OPD, angka kemiskinan mengalami penurunan 0,89%.

Pada tahun 2023 telah dilaksanakan beberapa pembangunan proyek strategis diantaranya kantor Kecanatan Gesi, Kantor Kecamatan Miri, Kantor Kelurahan Kroyo, Kantor Kelurahan Ngembat Padas dan Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Terpadu.

Sementara Bupati Yuni dalam sambutannya menyatakan rasa syukurnya mencapai usia dua tahun memimpin Kabupaten Sragen. Disisa kepemimpinan Yuni-Suroto Ia berharap dapat menjalankan tanggungjawab dengan penuh amanah.

“Seharusnya yang menyampaikan keberhasilan pembangunan adalah saya namun beliau menyampaikan dengan sangat panjang dan detil saya menghaturkan banyak terima kasih. Ini menandakan bahwa eksekutif dan legislatif di Kabupaten Sragen sangat harmonis.”jelasnya.

Menurutnya, para Kyai, Alim Ulama, Organisasi Masyarakat, Tokoh Masyarakat semua memberikan dukungan serta doa kepada Yuni-Suroto secara bersinergi sehingga capaain-capaian yang dilakukan  sesuai dengan target.

Beberapa capaian yang belum tercapai akan dikejar disisa tugas kepemimpinan Yuni-Suroto walaupun tidak genap lima tahun karena mulai tahun depan sudah dilaksanakan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif serta diakhir tahun 2024 dilaksanakan Pemilihan Bupati.

Ditambahkannya, tahun 2024 adalah tahun politik dimana perbedaan-perbedaan yang ada tidak membuat disharmonisasi.  Ia meminta masyarakat untuk terus mengedepankan kegotongroyongan.

“Harapannya kita tetap harmonis. Kami menyadari banyak kekurangan tapi bagaimana merangkul sebuah birokrasi sangat besar ini. Alhamdullilah jalannya sudah  sangat baik. Kami diapresiasi para tamu dari manapun bahwa Sragen itu nyaman dan keguyubannya itu sangat terasa. Antara pemimpin dengan Asisten dan Staf Ahli kami bisa cair. Alhamdullilah senantiasa kami jaga.”ungkapnya.

Dikemukakannya seorang pemimpin akan lebih  baik disegani bukan ditakuti. Sehingga pekerjaan apapun dapat berjalan dengan baik. Termasuk prestasi yang diraih adalah karena dukungan seluruh pihak.

“Mohon dukungan doa restu kepada semuanya agar kami dapat menyelesaikan masa tugas ini dengan akhir yang baik. Menyelesaikan target yang belum tercapai serta dapat membuat masyarakat Kabupaten Sragen menjadi lebih baik dan lebih sejahtera.”harapnya.

Selanjutnya Ia mengingatkan masyarakat Kabupaten Sragen agar dapat melaksanakan tirakatan bersama disetiap RT pada tanggal 26 Mei yaitu Malam Tirakatan menjelang Hari Jadi Kabupaten Sragen untuk bermunajat dan berdoa bagi Kabupaten Sragen.

Acara malam Tasyakuran diakhiri dengan mendengarkan tausyiah dan doa yang disampaikan oleh Mubaligh asal Gemolong dr. Agus Budiarto.

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor   : Yuli_Diskominfo

 

Berita Terbaru

Top