Mudahkan Layanan Data Ketenagakerjaan, Disnaker Sragen Luncurkan Giat Kerja


admin | 27 Juni 2024 | 278

SRAGEN – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sragen kini miliki inovasi baru yakni sebuah aplikasi yang memberikan pelayanan data ketenagakerjaan.

Aplikasi Giat Kerja adalah aplikasi (Implementasi Digitalisasi Data Ketenagakerjaan) yang terlahir dari aksi perubahan Diklat Pimpinan III Sekretaris Disnaker Sragen Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sragen, Andri Utomo.

Launching aplikasi yang diluncurkan awal bulan Juni oleh Dinas Tenaga Kerja ini merupakan aplikasi kedua dari Disnaker Sragen setelah Inovasi Lapak Sukowati yang dimiliki oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sragen Agus Winarno.

Giat Kerja merupakan aplikasi online berbasis web yang berisikan informasi data-data ketenagakerjaan dan layanan aduan perselisihan. Aplikasi tersebut menjawab permasalahan pemenuhan data ketenagakerjaan.

Dihubungi melalui WhatsApp Kamis (27/6/2024), Andri Utomo mengatakan tujuan dibuatnya aplikasi ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan ketenagakerjaan baik internal maupun eksternal organisasi dengan menyediakan data ketenagakerjaan yang valid, akuntabel dan berkelanjutan.

“Selama ini permohonan data dilakukan secara manual melalui surat rutin setiap triwulan. Dengan aplikasi ini layanan data menjadi lebih cepat. Seluruh data ketenagakerjaan mulai dari data pencari kerja, data penempatan tenaga kerja dalam dan luar negeri, data jumlah perusahaan di Sragen serta data lainnya telah tersaji dan lengkap di aplikasi.”terangnya.

Menurutnya, aplikasi tersebut Data Downloadable sehingga sangat mudah diunduh. Aplikasi juga dilengkapi layanan aduan perselisihan ketenagakerjaan dimana masyarakat bisa langsung masuk ke layanan aduan yang akan direspon oleh operator atau admin melalui nomor WhatsApp yang tertera diaplikasi.

Seluruh data-data dalam aplikasi ini, lanjut Andri dapat menjadi bahan dalam pengambilan kebijakan strategis yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

“Siapapun bisa mengakses data ketenagakerjaan. Aplikasi dan data yang diinginkan bisa diunduh dalam bentuk soft file. Dalam waktu satu pekan ini pelayanan data akan tercukupi sehingga dalam aplikasi ini seluruh data akan siap terintegrasi dengan BPS. Dengan mengikuti perkembangan teknologi digital, kedepan aplikasi ini akan dikembangkan teknologi AI (artificial intelligence).”imbuhnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera menyosialisasikan aplikasi ini salah satunya dengan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dan mengundang perusahaan-perusahaan. Sehingga kebutuhan masyarakat dalam mencari pekerjaan atau lainnya dapat segera terlayani.

Selanjutnya untuk mengetahui lebih lanjut aplikasi giat kerja masyarakat bisa langsung mengunjungi laman giatkerja.sragenkab.go.id serta dapat diakses dengan mudah melalui ponsel android.

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Editor   : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top