Optimalisasi Medsos Pemkab Sragen Sebagai Sarana Informasi & Pelayanan Masyarakat


admin | 13 September 2023 | 272

SRAGEN - Media sosial menjadi sarana penting dan strategis di era digitalisasi seperti saat ini. Salah satu fungsinya sebagai sarana pendukung dari program Pemerintah Daerah dan menjadi sumber informasi sekaligus komunikasi yang efektif kepada masyarakat. Untuk itu pemanfaatan media sosial pada Pemerintah Daerah perlu terus ditingkatkan penggunaannya. 

Hal ini sejalan dengan yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen melalui pembinaan yang langsung disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo, Dwiyanto dalam Rapat Koordinasi Pemberdayaan Penggiat Medsos OPD, Kecamatan dan Perwakilan Kelurahan di Ruang Oproom Komplek Setda Kabupaten Sragen, Rabu (13/9/2023).

Pada rakor itu, Dwiyanto berharap para admin media sosial agar dapat cakap dan bijak dalam mengelola akun media sosial Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan hingga pada tingkat kelurahan masing – masing.

"Melalui media sosial kita sampaikan kepada masyarakat semua kegiatan dan layanan publik yang telah dilakukan oleh Pemkab Sragen, agar informasi baik itu pembangunan, inovasi, prestasi dan kemajuan yang ada di Sragen tersampaikan dengan baik di masyarakat,” terang Dwiyanto.

Sebagai ujung tombak informasi Pemerintah, para admin media sosial diminta untuk memperhatikan materi publikasi yang dapat dipertanggung jawabkan sumber informasinya. Selain itu, Dwiyanto juga mengingatkan agar selalu menjaga keamanan informasi yang menjadi tanggung jawab dari para admin.

Dari pembinaan yang dilakukan kepada admin media sosial, diharapkan akan mampu memberikan motivasi kepada para admin untuk terus berinovasi dalam membuat konten yang informatif  dan menarik.

“Selain itu juga diharapkan para admin agar lebih bijak dalam bermedia sosial, sehingga pada akhirnya akan mampu memenuhi kebutuhan informasi dan dapat menjembatani capaian dari program pembangunan Pemerintah Daerah kepada masyarakat secara efektif,” jelasnya.

Tak hanya pembinaan, pada rakor yang dihadiri sekitar 56 peserta itu juga diisi materi fotografi oleh fotografer Diskominfo Sragen, Rudi Wahyono. Dan dilanjutkan pembentukan struktur organisasi admin medsos Pemkab Sragen yang kemudian dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) untuk mengelola media sosial instansi. SK ini penting agar pegawai yang ditunjuk menjadi admin media sosial merasa dihargai dan memiliki tanggungjawab tugas.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top