Selamat! Amanda Rizki dan Van Wildan Soekoco Menjadi Pemenang Duta Wisata Sukowati Sragen 2023


admin | 08 Oktober 2023 | 427

SRAGEN – Malam Grand Final Duta Wisata Sukowati 2023 Kabupaten Sragen yang dihelat di panggung terbuka halaman GOR Diponegoro Sragen sabtu malam (7/10/2023) berlangsung meriah.

Gelaran Mbak dan Mas Duta Wisata Sukowati tahun ini sangat spesial karena setelah absen selama kurang lebih tiga tahun tidak dilaksanakan dikarenakan pandemi covid-19 akhirnya kembali digelar oleh Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sragen.

Setelah melalui rangkaian seleksi terpilih pasangan mbak dan mas Duta Wisata Sukowati 2023 yakni Amanda Rizki dari SMK Negeri 1 Sragen dan Van Wildan Soekoco dari Kecamatan Karangmalang  menggantikan Kezia Yuninda Prasasti dan Sabar Nur Shidiq Mbak dan Mas Duta Wisata Sukowati 2019.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen Joko Hendang Murdono S.STP dalam laporannya mengatakan ada beberapa tahapan seleksi yang dilakukan oleh tim panitia Duta Wisata diantaranya tes tertulis, wawancara Bahasa inggris, wawancara Bahasa jawa, waancara kepariwisataan, unjuk bakat dan seni kemampuan public speaking dan modelling.

Pendaftar yang masuk sebanyak 68 orang terdiri dari putra 27 orang dan putri 41 orang. Selanjutnya setelah dilakukan tahap seleksi terpilih 10 pasang putra dan putri yang masuk pada tahap berikutnya yaitu grand final.”terang Joko.

Dikatakannya kegiatan tersebut merupakan salah satu sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Sragen.

Wakil Bupati Sragen H. Suroto hadir sekaligus membuka Grand Final Duta Wisata Sukowati 2023 mengatakan ajang duta wisata mempunyai peran dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata di Kabupaten Sragen.

Ia mengharapkan melalui ajang ini mereka mampu menjadi inspirator dan motivator bagi generasi muda di masyarakat. Untuk itu mereka diminta untuk semakin kreatif, inovatif, percaya diri, berpengalaman serta mempunyai knowledge, skill dan attitude yang baik.

“Saat ini sektor pariwisata semakin penting seiring dengan penerimaan Pendapatan Asli Daerah, pengembangan wilayah maupun dalam penyerapan investasi dan tenaga kerja serta pengembangan UMKM yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Sragen. Melalui sektor pariwisata mampu  mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.”jelasnya.

Lebih lanjut Ia berpesan agar menghilangkan citra sebagai pelengkap kegiatan atau pajangan saja melalui ajang ini, peserta Duta Wisata semakin meningkatkan dedikasi dan tanggung jawab untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan wisata dan keanekaragaman budaya daerah.

Para finalis Duta Wisata Sukowati dinilai oleh Tim Dewan Juri diantaranya Yayuk Mugi  Rahayu (Ketua Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia/Hipkii, Asesor Tata Kecantikan Kulit dan Pengurus DPD Hipki Jawa Tengah), H. Sugiman (dosen dan Pembantu Ketua II Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta dan dosen UIN Surakarta), dan drg. Anna Susanti Sp. Pros (Ketua Dharma Wanita Kabupaten Sragen serta dokter gigi di RSUD Soehadi Priyonegoro Sragen).

 

Berikut Daftar Juara Mbak dan Mas Duta Wisata Sukowati 2023

Juara 1 Amanda Rizki N (SMK Negeri 1 Sragen) dan Van Wildan Soekoco (Kec. Karangmalang)

Juara 2 Kaniavaru Aghea S (SMK Negeri 2 Sragen) dan Rafi Yudhistira Budi (Kec. Sragen)

Juara 3 Sabila Soba Langkir (Kec. Plupuh) dan Ramadhani Rasyid S (Kec. Sragen)

Juara Favorit Eki Suryo Rizki (mendapat like terbanyak IG Adwindo) (SMA Negeri 1 Tangen)

Juara Intelegensia Neelam Aghnia Ilman (Kec. Ngrampal)

Juara Photogenik Farah Revalina (SMA Negeri 1 Sragen)

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top