Unggul Dalam Smart Government, Desa Geneng Masuk Nominasi Smart City Tahun 2024


admin | 12 September 2024 | 82

SRAGEN – Desa Geneng Kecamatan Miri menjadi salah satu desa yang terpilih oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam program Smart City tahun 2024 pada tingkat desa.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen berkunjung ke Desa Geneng untuk melakukan koordinasi serta pendampingan bagi desa yang telah menerapkan pembangunan sistem teknologi informasi di wilayah desa tersebut, Rabu (11/9/2024).  

“Sebagai pendamping dari Dinas Kominfo Kabupaten Sragen, kami datang di Desa Geneng untuk melihat secara langsung teknologi informasi yang telah dijalankan Desa Geneng. Desa Geneng ini merupakan desa yang akan terpilih untuk smart city dalam dimensi Smart Government.”ucap Hartono Kepala Bidang PTIS Dinas Kominfo Sragen.

Dijelaskannya, Desa Geneng memiliki keunggulan dalam dimensi Smart Government dimana beberapa pelayanan digital mulai dari administrasi pemerintahan desa, informasi masyarakat desa sudah berbasis teknologi.

“Fitur pelayanan publik secara digital yang diberi nama Si Langgeng yang dimiliki desa Geneng sudah sangat lengkap daripada desa lainnya. Ada data penduduk, data aset, data perangkat, semuanya sudah lengkap yang dikelola secara update dan faktual. Sehingga smart gomernment-nya dipandang sudah sangat layak menjadi nominasi.Smart City.”terangnya.

Selain menjadi pendamping, pihaknya juga melakukan sejumlah persiapan seperti penyediaan server, penyediaan domain, penyediaan hosting dalam rangka implementasi smart government yang ada di Desa Geneng.

Dalam kunjungan Diskominfo Sragen tersebut melihat secara langsung sistem informasi Desa Geneng yang di dampingi oleh Sekdes Desa Geneng Indriyanto S. Kom.

“Kami pemerintah Desa Geneng menyiapkan sisten informasi desa yang didalamnya terdiri dari beberapa fitur dintaranya kependudukan, sosial, aset, dan masih banyak lagi. Bagi masyarakat yang ingin membuat administrasi desa seperti surat menyurat, pengaduan, dan lainnya bisa mengakses website atau domain Desa Geneng.” ujar Indriyanto.

Sementara Camat Miri, Ali Rahmanto menyatakan dukungannya kepada layanan website si Langgeng desa Geneng. Dia bersyukur sistem informasi berbasis teknologi digital yang dilakukan desa geneng menjadi inspirasi bagi desa lainnya dan beberapa desa di kecamatan Miri juga telah mereplikasi sistem ini.

 

Penulis  : Hanifa

Editor    : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top