1.556 BPD Dikukuhkan, Bupati Yuni Minta BPD Bangun Sinergitas Untuk Majukan Desa


admin | 24 Juni 2024 | 426

SRAGEN - Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengukuhkan 1.556 anggota Badan Permusyawaratan Desa yang resmi diperpanjang selama 2 tahun sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pengukuhan dan penyerahan Surat Keputusan dilaksanakan di Gedung Sasana Manggala Sukowati, Sragen Senin (24/6/2024).

Bupati Yuni menyebutkan perpanjangan masa keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa dari enam tahun menjadi delapan tahun sejak 11 Desember 2024 sampai dengan 11 Desember 2026.

“Di Pemerintahan desa ada BPD yang merupakan bagian dari check and balances. BPD harus belajar agar lebih pintar, agar memiliki kemampuan untuk melihat dan menganalisa RPJMDes yang disusun oleh Kepala Desa apakah sudah sesuai dengan kebutuhan desa ataukah ada potensi pelanggaran di sana. Sebab membangun desa membutuhkan kolaborasi dari semua bagian dalam pemerintahan desa, dengan dilandasi niat memajukan desa.” pesan Bupati Yuni dalam sambutannya.

Dia juga menyampaikan bahwa tantangan yang saat ini dihadapi Kabupaten Sragen adalah mengentaskan kemiskinan, dimulai dari desa. Visi misi desa harus selaras dengan visi misi kabupaten, begitupun visi misi kabupaten harus selaras dengan visi misi provinsi.

Sementara itu Kepala Bidang Penataan dan Pembinaan Administrasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Heru Cahyono, menyampaikan bahwa dalam UU No. 3 Tahun 2024 selain terdapat perubahan masa keanggotaan juga ada penambahan hak BPD nantinya seperti tunjangan jaminan kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Saat ini seluruh anggota BPD sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, ke depannya akan diupayakan untuk mendapatkan jaminan BPJS Kesehatan.” urainya.

Salah satu anggota BPD, Ihsan dari Desa Bendo, Sukodono, Sragen menuturkan bahwa seluruh anggota BPD Se-kabupaten Sragen sangat antusias dalam mengikuti jalannya proses pengukuhan perpanjangan masa keanggotaan hari ini. Ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Sragen, serta mendoakan Kabupaten Sragen agar terus maju.

 

Penulis: Rindah_Diskominfo

Editor: Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top