Desa Tangkil Masuk Lima Besar Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah


admin | 13 Juni 2024 | 84

SRAGEN – Desa Tangkil Kecamatan Sragen berhasil masuk lima besar di Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Klarifikasi Lapangan Verifikasi Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Tahun 2024.

Sebelumnya Desa Tangkil merupakan pemenang juara I Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Sragen pada Sragen Awards 2024.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sragen Pudji Atmoko saat ditemui dalam acara Pengukuhan Kepala Desa di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen Kamis (13/6/2024).

Pelaksanaan klarifikasi lapangan dilaksanakan Senin (10/6/2024) dan diterima di Kantor Desa Tangkil Kecamatan Sragen. Tim juri yang hadir terdiri dari Dispermasdes Dukcapil Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah dan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah.

“Penilaian ini merupakan penilaian tahap kedua dimana Desa Tangkil mendapat kunjungan kalrifikasi oleh Tim Klarifikasi Lapangan.  Desa Tangkil dipandang lebih unggul dari desa lain di Kabupaten Sragen terutama dalam hal penyelenggaraan administrasi Pemerintahan Desa, pemberdayaan masyarakat serta pembinaan kemasyarakatan.”tutur Pudji.

Menurutnya, selain penyelenggaraan administrasi Desa, ditambah pula pelayanan pajak secara online, Desa Restorative Justice serta Desa Anti Korupsi menjadi poin penting penilaian Lomba Desa.

“Kami selalu mendorong baik desa maupun kelurahan untuk terus maju memberikan yang terbaik, menonjolkan potensi yang dimiliki. Harapan kami Desa tangkil bisa menjadi yang terbaik dan menjadi juara 1.”tandasnya.

Sementara Kepala Desa Tangkil Suyono mengaku bersyukur Desa Tangkil lolos untuk mengikuti penilaian tahapan kedua bersama 4 Desa lainnya di Jawa Tengah yakni Desa Kemangguan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen, Desa Ngembal Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, Desa Sijenggung Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara dan Desa Telukawur Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

“Alhamdullilah kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Tim Kabupaten yang mendampingi desa kami selama proses hingga akhir penilaian. Paparan yang kami sampaikan dari segala bidang mulai dari bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan hingga Kewilayahan dan Muatan Lokal.”katanya.

Dalam paparannya saat itu, dia menjelaskan desa Tangkil memiliki beberapa inovasi salah satunya inovasi Walah yaitu Wadul Pak Lurah dimana jika ada masyarakat yang memiliki keluhan ataupun masukan langsung direspon saat itu juga melalui WA, Instagram maupun Facebook.

Ada pula Bank Sampah yang dikelola oleh Karang Taruna, Pembuatan Ecoenzim dari kulit buah yang dibuat untuk kebutuhan rumah tangga seperti sabun cuci piring, cairan pembersih lantai dan kebutuhan pertanian.

“Ecoenzim ini kemanfaatannya sudah dirasakan warga. Harganya pun murah hanya Rp 9 ribu. Jadi di Dukuh Tugu setiap RT sudah menjualnya dan hasil penjualan bisa untuk kas RT.”terangnya.

“Mohon doanya. Semoga Desa Tangkil bisa menjadi Juara pertama. Karena selama ini untuk kategori Desa belum pernah masuk lima besar. Semoga bisa membanggakan Kabupaten Sragen.”harapnya.

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor  : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top