Dinas Kesehatan Sragen Sediakan 5 Posko Layanan Kesehatan Untuk Layani Pemudik Lebaran 2024


admin | 01 April 2024 | 90

SRAGEN -  Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen menyiapkan Posko Kesehatan Lebaran untuk melayani masyarakat yang ingin mudik lebaran selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dr. Udayanti Proborini., M.Kes mengatakan pihaknya akan menyiagakan lima Posko Kesehatan Lebaran yang akan dimulai 4 – 16 April 2024 mendatang guna memberikan layanan Kesehatan bagi para pemudik.

 

“Ada 5 Posko pelayanan lebaran yaitu Rest Area Tol 519A, Rest Area Tol 519B, Exit tol Pungkruk, Exit Tol Sragen Timur dan Posko Gemolong.”ujarnya saat dihubungi via WhatsApp Senin (1/4/2024).

 

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan 25 Puskesmas Kecamatan se-Kabupaten Sragen untuk menugaskan empat orang personel yakni petugas paramedis dan satu orang driver ambulance.

 

Posko Kesehatan ini melayani pemeriksaan Kesehatan, promosi Kesehatan /penyuluhan kesehatan, dan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Semua layanan tesebut diberikan bagi pemudik yang membutuhkan layanan Kesehatan selama diperjalanan.

 

Ia menambahkan seluruh nakes yang bertugas akan berjaga selama 24 jam yang akan dilakukan secara shifting. Untuk memudahkan pengaturan jadwal maka Puskesmas wilayah timur bertugas diwilayah tersebut. Sebaliknya petugas Puskesmas di wilayah barat bertugas di wilayah barat.

 

Selain itu, dikatakannya selama libur cuti lebaran, tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sragen disiagakan sebagai pusat rujukan pasien apabila diperlukan. Sementara 25 Puskesmas di Kabupaten Sragen tetap membuka pelayanan UGD 24 jam.

 

Ia menghimbau bagi para pemudik yang hendak melakukan perjalanan jauh untuk memastikan kendaraan dalam keadaan siap, pengemudi juga dalam keadaan sehat.

 

“Jika pengemudi mengantuk diharapkan istirahat di posko-posko terdekat atau rest area. Selalu jaga kesehatan dan terapkan hidup bersih dan sehat.”ungkapnya.

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top