Entaskan Kekeringan Di Dukuh Kapulogo Desa Brojol, YBM BriliaN Salurkan Sarpras Air Bersih


admin | 14 September 2024 | 91

SRAGEN – Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN meluncurkan program Corporate Social Responsibily (CSR) WASH (Water, Sanitation, and Hygiene) yang digelar di Dukuh Kapulogo, Brojol, Miri Jumat (13/09/2024).

Kepala BRI Cabang Sragen, Wawan Indarno mengatakan bahwa program WASH CSR dari YBM BRILiaN di Dukuh Kapulogo ini merupakan program ke-3 yang sudah diselenggarakan oleh YBM BRILiaN di Kabupaten Sragen. Pertama dilaksanakan di Desa Tempelrejo, Mondokan dan yang kedua di Desa Banyurip, Jenar.

“Program WASH YBM BRILiaN yang kami laksanakan berupa pembangunan infrastruktur penyediaan air bersih bagi masyarakat yang berbentuk pembangunan sumur dalam, dan pembangunan power air dengan kapasitas 11 meter kubik atau 11.000 liter air sekaligus jaringan pipa distribusi ke warga program WASH di Desa Brojol, Miri”terangnya.

Dijelaskannya, YBM BRILiaN merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang mengelola dana zakat, infak, dan sedekah. Salah satu programnya adalah program WASH CSR, dimana anggaran dananya diambil dari gaji para karyawan BRI yang tiap bulannya dipotong untuk zakat, serta penghasilan lainnya. Program WASH di Desa Brojol, Miri ini menghabiskan dana senilai Rp 200.000.000.

Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati memberikan apresiasi kepada Bank BRI atas programnya yang bermanfaat dan berguna untuk mengentaskan kekeringan di Dukuh Kapulogo. Ia juga berharap Bank BRI bisa menyediakan bantuan lebih banyak lagi untuk warga Kabupaten Sragen.

“Karena warga Sragen masih banyak yang membutuhkan sumur, kami juga ada program pembuatan sumur anggarannya tidak sampai Rp 200 juta. Kita hanya butuh Rp 35 juta karena hanya membuatkan sumur saja tanpa toren. Saat ini kami baru menerima bantuan dari PT. Glory, BAZNAS dan KORPRI. Alhamdulillah sudah terkumpul 12 CSR, nanti kami harap BRI bisa berpartisipasi,”ucapnya.

Selanjutnya, ia mengimbau kepada warga Dukuh Kapulogo untuk selalu merawat sumur yang diberikan oleh BRI ini dengan baik, salah satunya dengan rutin mengecek peralatan yang digunakan dalam program ini. Sehingga, jika ada yang rusak bisa secepatnya diganti atau diperbaiki.

 

Penulis  : Agustina

Editor    : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top