Kunjungi Sragen, Pemkab Banjarnegara Konsultasi E-walidata dan Geospasial


admin | 18 September 2024 | 47

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melakukan kunjungan study banding ke Kabupaten Sragen untuk konsultasi pelaksanaan program e-Walidata dan Geospasial di Kabupaten Sragen.

Kunjungan dipimpin oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Banjarnegara Riatmojo Ponco Nugroho dan sejumlah pegawai Dinas Kominfo Kabupaten Banjarnegara dan Dinas Perkim Banjarenegara diterima di Ruang Op Room Komplek Setda Sragen Selasa (17/9/2024).

Rombongan yang berjumlah 15 orang itu disambut hangat oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Sragen Muh. Yulianto dan Kepala Dinas Kominfo Sragen Catur Sarjanto serta jajaran Dinas Kominfo Sragen dan OPD terkait.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Banjarnegara Riatmojo Ponco Nugroho mengatakan walaupun pihaknya telah melaksanakan satu data namun secara keseluruhan belum maksimal. Dia berharap Kabupaten Sragen dapat memberikan pengarahan mengenai program e-Walidata dan Geospasial yang telah diterapkan dengan baik.

“Kami berharap bisa belajar banyak sehingga bisa meningkatkan kinerja Dinas Kominfo Kabupaten Banjarenegara serta komitmen Pemerintah Daerah kami untuk mendukung e-Walidata maupun Geospasial di Kabupaten Banjarnegara.”katanya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Sragen Catur Sarjanto menjelaskan Program e-Walidata dan Geospasial memberikan peningkatan kualitas dan tata kelola data yang akurat serta perencanaan pembangunan yang lebih terarah. E-Walidata dan Geospasial membantu pemerintah untuk lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Data yang dikelola dan dianalisis oleh wali data tersebut adalah tupoksi kami Dinas Komunikasi dan Informatika yang bekerjasama dengan Pembina kami  Bapperida.  Alhamdullilah data yang kita kelola tersebut mendapat penghargaan e-Walidata terbaik Provinsi Jawa Tengah dan pengelolaan Geospasial mendapatkan Bumandala Awards.” ucapnya.

E-Walidata yang dijalankan oleh Kominfo, ungkapnya meliputi perencanaan, pemeriksaan dan publikasi. Media publikasi melalui “Portal Satu Data” yang dapat diakses dari https://satudata.sragenkab.go.id/.

Dia menambahkan, Program e-Walidata dan Geospasial mendorong terciptanya budaya data di masyarakat, meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan data dan memberikan akses kepada masyarakat untuk lebih mudah mengelola informasi yang akurat.

Lebih lanjut dia menerangkan, Geoportal Kabupaten Sragen otomatis terkoneksi pada pusat, dapat diakses melalui https://satupeta.sragenkab.go.id/. Data yang ada di Kabupaten Sragen tidak dirahasiakan, melainkan masyarakat bisa mengetahui dan mengaksesnya. Data Geospasial dapat digunakan untuk memetakan lokasi wisata, mengidentifikasi potensi wisata baru dan mengembangkan strategi pemasaran wisata.

 

Penulis  : Merby

Editor    : Yuli_Diskominfo

 

Berita Terbaru

Top