Festival Budaya Gunung Kemukus 2024 Kembali Digelar, Catat Kegiatannya!


admin | 05 Juli 2024 | 932

SRAGEN – Agenda rutin tahunan Festival Budaya Kemukus 2024 yang bekerjasama dengan DInas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen kembali digelar. Festival yang dihelat di kawasan Gunung Kemuskus itu akan menampilkan berbagai rangkaian kegiatan yang berbeda disetiap tahunnya.

Ditemui disela-sela kegiatan Sedekah Bumi di Petilasan Mangkubumi Jekawal Jumat (5/7/2024), Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sragen Joko Hendang Murdono mengatakan Festival Budaya Kemukus 2024 diselenggarakan untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H.

“Kegiatan Festival Budaya Gunung Kemukus tahun 2024 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Karena festival budaya ini berdekatan dengan Hari Jadi Sragen. Seluruh kegiatan di Kemukus yang dilakukan tahun lalu sudah dilaksanakan di Hari jadi Kabupaten Sragen seperti karnaval, sholawatan dan wayang kulit.”terangnya.

Gelaran Festival Budaya Gunung Kemukus akan dimulai tanggal 6 – 7 Juli di Promenade Kawasan Wisata Gunung Kemukus dan Area Makam Pangeran Samudera.

“Ada event pameran Ekonomi Kreatif, Bazar kuliner dan Live Music yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 6-7 Juli 2024, pameran mulai buka jam 09.00 – 21.00 Wib. Dihari Minggu pagi jam 09.00 Wib tanggal 7 Juli 2024 ada acara inti yakni Prosesi Larap Slambu di Makam Pangeran Samudera.”ujar Joko Hendang.

Masih di hari Minggu, dia menambahkan setelah prosesi Larap Slambu pada sore hari jam 15.00 Wib ada pertunjukan Kesenian Barongsay Tripusaka dan malam harinya ada kesenian tradisional Kethoprak Humor Sedap Malam yang menghadirkan bintang tamu Momon Bakar.

“Kita tetap fokus pada acara inti yaitu Larap Slambu. Festival Budaya Kemukus dimeriahkan oleh pengisi-pengisi acara agar kegiatan ini lebih semarak. Seperti barongsay ini kita hadirkan karena melihat animo masyarakat yang sangat antusias di Pesta Rakyat saat hari jadi Kabupaten Sragen.”ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa prosesi Larap slambu mulai dari pelepasan kelambu hingga serah terima slambu dilaksanakan oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang didampingi oleh Wakil Bupati Sragen H. Suroto.

Momentum 1 Sura tahun ini diperkirakan 10.000 pengunjung akan hadir dari berbagai pelosok Nusantara untuk menyaksikan prosesi pembilasan kelambu dan air bekas cucian slambu kemudian diperebutkan pengunjung.

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top