Meriahkan Hari Jadi ke-277, Perangkat Desa Ikuti Lomba PBB Tahun 2023


admin | 17 Mei 2023 | 298

SRAGEN -  Untuk memeriahkan  Hari Jadi Kabupaten Sragen dan membentuk mental kedisiplinan serta tanggungjawab, Pemerintah Kabupaten Sragen menggelar Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi Perangkat Desa / BPD dan Perangkat Kelurahan/ LP2MK se- Kabupaten Sragen yang dilaksanakan Rabu (17/5/2023).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sutrisna dalam sambutannya mengatakan peserta yang berasal dari desa dan kelurahan telah mengikuti seleksi ditingkat kecamatan dan selanjutnya menjadi peserta dari perwakilan kecamatan.

“Ada 200 peserta yang berasal dari 20 kecamatan yang terdiri dari perangkat desa/BPD perangkat kelurahan/LP2MK dengan masing-masing  regu terdiri  dari 10 orang peserta.”kata Sutrisna.

Sutrisna menuturkan setiap regu diberi waktu 10 menit. Penilaian akan dilakukan secara ketat mulai dari kekompakan hingga gerakan dan materi PBB.

Selain untuk membentuk mental kediisiplinan, Ia menambahkan perlombaan ini juga untuk menumbuhkan jiwa korsa serta meningkatkan semangat gotong royong dan bangga terhadap Kabupaten Sragen.

Ia menjelaskan tim penilai ada 3 orang yang berasal dari TNI/POLRI dan satu orang ASN yakni Juri  I Kapten Inf Rusdi, Juri II Imam Rochadi dan Juri III Aiptu Ariyanto.

Tidak hanya perangkat desa, Pejabat Eselon II dan para camat berkesempatan menjadi peserta eksibisi untuk menunjukkan kebolehannya dalam hal baris berbaris.

Kelucuan dan keseruan pun terjadi, karena para pejabat tersebut diminta menjadi peserta dadakan tanpa berlatih terlebih dahulu. Sehngga gerakan-gerakan yang dilakukannya mengundang gelak tawa penonton.

Namun berbeda dengan para camat, yang rata-rata lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) mereka nampak luwes berbaris karena dulunya sudah terlatih kedisipilinan dan baris berbaris.

Setelah melalui penilaian yang sangat ketat, dewan juri memutuskan para pemenang. Berikut hasil Lomba PBB :

Juara III Kecamatan Sragen mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000

Juara II Kecamatan Kedawung mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 7.000.000

Juara I Kecamatan Sumberlawang mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 10.000.000

 

Penulis  : Mira_Diskominfo

Editor    : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top