Ukur Keberhasilan Program, Pemkab Sragen Bersama USAID Iuwash Tangguh Gelar FGD


admin | 07 Februari 2024 | 67

SRAGEN –  USAID IUWASH Tangguh bersama Pemerintah Kabupaten Sragen menggelar Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di Front One Hotel Kabupaten Sragen pada Selasa (06/02/2024).

Kegiatan dihadiri berbagai pihak, di antaranya Inspektorat Daerah, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas PPKBPPPA, Perumda Air Minum Tirto Negoro, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bagian Organisasi sekretariat daerah, Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, dan Dinas Lingkungan Hidup.

Wahyu Wardani, ST., M.Eng., Kepala Bidang Perekonomian, SDA, dan Infrastruktur Badan Perencanaan Pembangunban Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida), dalam sambutannya mengatakan di Jawa Tengah ada 8 Kabupaten/Kota yang mendapat pendampingan dari USAID Iuwash, salah satunya Kabupaten Sragen.

“USAID Iuwash Tangguh mendukung Pemerintah Kabupaten Sragen untuk mencapai target air minum baik layak maupun aman serta sanitasi layak dan aman sehingga diperlukan kerja sama para pihak dalam rangka mencapai kinerja tersebut serta untuk meningkatkan nilai indexnya,” ujarnya.

Ahmad Khoeri, Governance Specialist Jawa Tengah USAID Iuwash Tangguh mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk merefleksi bersama yang sudah dilakukan di 2023, kaitannya dengan pelayanan dasar air minum dan sanitasi. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan penyusunan Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen tahun 2023 sehingga dapat memperoleh nilai lebih baik lagi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa Governance Index merupakan alat ukur pencapaian program dan kinerja pemerintahan daerah yang mencakup beberapa indicator. Serta mencerminkan ukuran pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan air minum, sanitasi dan pengelolaan sumber daya air. Sedangkan Sanitation Index merupakan alat ukur pencapaian program dan kinerja pemerintahan daerah dalam pelaksanaan pelayanan bidang sanitasi.

Terjadi kenaikan yang siginifikan dari nilai Governance Index, yaitu 56,5 di tahun 2022 menjadi 71,25 pada kinerja tahun 2023. Sementara nilai sanitation index di tahun 2022 adalah 56,8 dan naik menjadi 58,8 pada tahun 2023.

“Untuk pelayanan di Kabupaten Sragen di tahun 2023 terjadi kenaikan yang signifikan untuk Governance Index dibandingkan dengan tahun 2022. Meski masih ada beberapa poin yang kurang, Kami berharap dengan adanya pertemuan kali ini menjadi salah satu tonggak apa yang akan kita lakukan di tahun 2024 untuk lebih baik lagi,” jelasnya.

 

Penulis: Mega_Diskominfo Sragen

Editor: Rofi_Diskominfo Sragen

Berita Terbaru

Top