Cegah Stunting Di Gesi, Bupati Yuni Tekankan Pemenuhan Asupan Gizi Untuk Tumbuh Kembang Anak


admin | 10 September 2024 | 73

SRAGEN - Dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kecamatan Gesi digelar sosialisasi bertajuk "Pencegahan dan Penanganan Stunting melalui Gerakan Pemberdayaan Masyarakat Desa", yang dihelat di halaman Kantor Kecamatan Gesi, Senin (9/9/2024).

Camat Gesi Supriyadi, S.STP., M.Si menyatakan rasa syukurnya kepada seluruh warganya yang telah antusias hadir mengikuti sosialisasi. Acara yang diikuti  465 warga itu terdiri dari 175 kader Kesehatan, 150 ibu dan balita dan 150 kelompok Ibu-ibu PKK RT/RW se Kecamatan Gesi.

Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dalam sambutannya mengapresiasi Kecamatan Gesi termasuk dalam wilayah dengan angka stunting yang relatif rendah yakni 7,8% dari total 1.158 anak balita di Kecamatan Gesi.

"Kecamatan Gesi merupakan kecamatan dengan angka stunting di bawah rata-rata untuk tingkat Kabupaten Sragen. Stunting merupakan pekerjaan lama yang harus terus diberikan edukasi kepada ibu-ibu. Mulai dari belum menikah, sampai dengan menikah, hamil, melahirkan, sampai anak umur dua tahun,"terangnya.

Dia menjelaskan pemenuhan kebutuhan gizi sejak remaja hingga menikah dan mengandung adalah hal terpenting dalam pencegahan stunting. Apalagi stunting dapat dicegah melalui 1000 hari pertama kehidupan janin sejak dalam kandungan.

 “Pada 1000 hari pertama kehidupan anak akan mengalami pertumbuhan otak, pembentukan organ vital dan perkembangan kognitif. Untuk itu pemenuhan gizi yang baik akan membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.”jelasnya.

Lebih lanjut, Orang nomor satu di Kabupaten Sragen ini berharap warga masyarakat khususnya ibu-ibu di Kecamatan Gesi untuk memastikan kesehatan yang baik dengan memperhatikan asupan gizi yang cukup untuk tumbuh kembang anak yang lebih optimal.

Kegiatan pencegahan stunting diisi dengan penampilan senam cuci tangan oleh perwakilan kader kesehatan, sebagai bagian dari kampanye pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan dalam mencegah stunting.

Untuk menambah semangat para peserta, Bupati juga membagikan doorprize kepada para ibu yang  menjawab pertanyaan seputar kesehatan dan pencegahan stunting serta penyampaian materi mengenai pencegahan dan penanganan stunting oleh dr. Ari Harto dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukowati Tangen.

 

Penulis  : Hanifa

Editor     : Yuli_Diskominfo

Berita Terbaru

Top